Brokoli Bermanfaat Mencegah Pengapuran Sendi

Brokoli Bermanfaat Mencegah Pengapuran Sendi - Brokoli memang rasanya sangat pahit kalau di makan secara mentah-mentah. Namun para sekelompok dokter telah menemukan sebuah manfaat lain pada sayuran brokoli, yaitu dapat mencegah atau juga memperlambat terhadap pengapuran tulang atau sebut saja osteoarthritis. Apa lagi yang seperti kita sering ketahui tentang bentuk paling umumnya dari penyakit seperti arthritis yang konon katanya tidak bisa disembuhkan, gejalanya memang hampir selalu bisa terjadi saat usia seseorang sedang mencapai 85 tahun. Edisi sebelumnya membahas  Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

"Meski tidak bisa disembuhkan, ya setidaknya anda kudu bisa memberitahukan tentang cara untuk melindungi sendi-sendi pada tubuh mereka untuk dimasa depannya. Pola makan seperti itulah yang mampu jadi sebuah jalan alternatif yang aman", ujar para pakar peneliti DR Ian Clark, yang mana beliau juga adalah seorang profesor di bidang biologi muskuloskeletal yang berasal dari University of East Anglia di Norwich.

Makan Brokoli Nyeri Sendi Hilang
Makan Brokoli Nyeri Sendi Hilang

hal tersebut dibuktikan oleh Clark beserta teman-temannya dengan memberikan sebuah makanan senyawa yang bisa disebut sulforaphane pada sekelompok tikus. Sebelumnya senyawa tersebut diketahui mempunyai sifat anti-kanker. Dan brokoli sendiri pun mengandung zat sulforaphane yang akan kaya kadar tingginya. Dan ternyata tikus yang sudah diberi makanan dengan zat sulforaphane tersebut menunjukan bahwa kerusakan tulang yang sudah rawan sangat lebih kecil dan juga berpeluangnya lebih sedikit buat mengalami osteoarthritis dibandingkan tikus-tikus yang tak mereka beri makan seperti senyawa tadi.

Para peneliti pun juga sudah memastikan mengenai temuan mereka yang menguji zat senyawa tersebut dimasukan ke dalam sampel pada sel tulang yang rawan dari beberapa tikus tersebut dan juga sejumlah orang sudah diminta untuk mengkonsumsi brokoli. Dan hasilnya memang sesuai dengan harapan, kerusakan pada tulang yang rawannya pun sudah terlihat lebih sedikit atau kecil itu dikarenakan adanya bantuan dari sulforaphane.

"Sekarang saya ingin memperlihatkan kalau hal tersebut sangat efektif buat manusia. Dan manfaatnya pun bisa sangat begitu kuat. Apa lagi saya melihat dengan populasi yang sudah semakin menua serta tingginya angka obesitas, saya meduga beban pada kesehatan dan juga finansial tambahan seperti dari osteoarthritis pun akan sangat semakin memberatkan", ujar Clark.

Penelitian telah berencana untuk menggelar studi berskala kecil yang mana dengan melibatkan orang sebanyak 40 pasien yang telah di beri asupan 'brokoli super' dengan secara acak, terutama untuk dua minggu kedepan sebelum mereka mau menjalani sebuah operasi penggantian lutut "Knee Replaceement Surgery". Brokoli Super tersebut memang sengaja dibiakan dengansedemikian rupa supaya mengandung zat sulforaphane yang akan kaya kadar tingginya. Dan studi tersebut sudah dipublikasikan di sebuah Jurnal Arthritis and Rheumatism.

Nah, itulah ulasan kesehatan bagi tubuh yang mengenai Brokoli Bermanfaat Mencegah Pengapuran Sendi. Mudah-mudahan saja anda pun mau mencoba untuk mengikutinya namun dengan syarat anda harus konsultasikan terlebih dahulu tentang kesehatan anda saat ini dengan dokter langganan anda. Terimakasih dan jangan lupa baca juga Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel