Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan Tubuh - Buah sirsak yang mempunyai nama latin "Anona Muricata Linn" merupakan kerabat buah dari Srikaya "Anona Squamosa Linn". Tanaman yang saat ini populer ialah berkat khasiat dari daun dan juga buahnya tersebut berasal dari negara Amerika Serikat. Di tanah air nama sirsak ialah berasal dari sebuah bahasa negara Belanda, yakni ZuurZak yang mana artinya kantong yang memiliki rasa asam. Sebelumnya saya juga membahas info kesehatan tentang Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan Tubuh

Buah sirsak sudah menjadi populer karena adanya kandungan zat nutrisi dan juga manfaatnya untuk kesehatan. Buah sirsak ini terdiri dari 67.5% daging buahnya, 20% kulit buahnya, 8.5% biji buahnya dan juga 4% inti dari buahnya.
Buah Sirsak | Foto by : http://id.wikipedia.org/wiki/Sirsak

Setelah air, kandungan gizi yang terbanyak didalam buah sirsak ialah zat karbohidrat. Salah satu jenis zat karbohidrat di buah sirsak ialah gula pereduksi yakni "Glukosa serta Fruktosa" yang dengan kadar sebanyak 81,9-93.6% dari sebuah kandungan gula total.

Vitamin yang paling sangat dominan di buah sirsak tersebut ialah vitamin C, yakni sekitar 20mg per 100 gram untuk daging buahnya. Kebutuhan vitamin C buat orang hanya satu kali dengan takaran 60mg, yang mana telah bisa dipenuhi hanya dengan cara mengkonsumsi 300gram saja daging buah sirsak tersebut.

Mineral yang sangat cukup dominan ialah fosfor serta kalsium, masing-masing sebanyak 27 serta 14 mg per 100 gram. Kedua mineral tersebut sangat penting buat pembentukan pada massa tulang yang sehingga dapat berguna buat membentuk sebuah tulang yang sangat begitu kokoh dan juga menghambat osteoporosis. Keunggulan buah sirsak terletak di kadar sodiumnya "natrium" yang sangat rendah (14mg dalam per 100 gram), tetapi masih tinggi potasium atau kalium yakni 278mg dalam per 100gram saja. Perbandingan kalium dengan natrium yang sangat tinggi dan menguntungkan di dalam rangka pencegahan mengenai penyakit hipertensi.

Selain komponen gizi, buah ini pun sangat kaya komponen non gizi. Salah satunya diantanya ialah mengandung banyak sekali serat pangan atau Dietary Fiber yang mencapai 3.3g dalam per 100gram pada daging buahnya.

Dan berikut 7 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh


1. Mencegah Penyakit Kanker

Annonance acetogenins ialah fitokimia yang ada didalam daun, biji serta batang sirsak. Zat tersebut berperan sebagai penangkal serangan dari kanker serta virus. Penelitian pernah mengungkapkan bahwa zat kandungan announce tersebut pada buah sirsak bisa membunuh sel-sel yang ganas di 12 jenis penyakit kanker, seperti halnya kanker payudara, prostat, usus besar, paru-paru, dan masih banyak yang tak bisa disebutkan.

2. Melancarkan Buang Air Kecil

Jus buah sirsak memang ternyata bisa dijadikan sebuah obat kalau anda sedang mengalami rasa sakit saat buang air kecil. Selain itu pun bisa mengatasi haematuria yakni bercampurnya sel darah putih di dalam urin, dan juga penyakit seperti hati ringan.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain mengandung zat fosfor serta zat kalsium, buah tersebut pun diperkaya akan mineral lainnya yaitu tembaga, yang mana bisa membantu pada penyerapan zat kalsiumnya ke dalam tulang di tubuh anda untuk tetap tercukupi atau terpenuhi kebutuhan nutrisinya.

4. Meningkatkan Energi

Kalau anda merasa tidak bergairah, maka cobalah untuk mengkonsumsi buah tersebut. Selain aromanya yang segar yang dapat anda kembali bergairah lagi, buah ini pun mengandung thiamin yang gunanya buat meningkatkan energi pada tubuh anda.

5. Meredakan Migran

Buah sirsak sangat mengandung zat riboflavin atau juga vitamin B2 yang mana vitamin tersebut dikenal mampu efektif dalam meredakan rasa sakit kepala seperti kayak migran gitu loh.

6. Mencegah Anemia

Kandungan zat besi yang ada didalam buah tersebut pun dipercaya sangat efektif dalam meredakan gejala seperti anemia yang mana bisa menyerang kapan pun saja.

7. Manfaat Biji Buah Sirsak

Tahukah anda, bahwa tak hanya daging, biji buahnya juga sangat berguna buat menjaga kesehatan tubuh anda? Biji sirsak memang mengandung zat emesisi yang katanya dapat digunakan buat mengurangi rasa mual serta muntah.

Nah, itu adalah beberapa manfaat serta khasiat dari buah sirsak tersebut buat kesehatan, dan semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan Tubuh, mudah-mudahan bagi anda yang sering berkunjung di blog saya ini diberikan kesehatan terus. Baca juga ya tulisan lain tentang kesehatan seperti Menjaga Kesehatan Daya Tahan Tubuh Kita
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel