Bahaya Memencet Jerawat Bisa Mengakibatkan Pada Kematian

Bahaya Memencet Jerawat Bisa Mengakibatkan Pada Kematian - Jerawat memang selalu bikin menjengkelkan bagi setiap orang yang memilikinya dan oleh karena itu banyak sekali orang yang selalu memencet jerawatnya sendiri. Padahal itu justru akan sangat membuat jerawat tersebut semakin memburuk. Memencet jerawat memang sebenarnya tak dianjurkan, namun kalau ingin memencet jerawat tersebut tidak apa-apa sih, asalkan yang penting saat memencet jerawat dengan tangan anda, tangan tersebut harus sudah steril atau juga bisa menyuruh orang lain buat memencet jerawat anda sendiri supaya itu bisa mengurangi adanya resiko infeksi serta iritasi. Artikel kesehatan sebelumnya berbicara masalah 5 Manfaat Mengkonsumsi Oatmeal Bagi Kesehatan Kolesterol dan Jantung

Lebih baik lagi anda membiarkan jerawat tersebut pecah sendiri maupun hilang sendiri karena hal itu sangat lebih baik ketimbang anda memencet jerawat tersebut. Ada beberapa resiko dalam hal memencet jerawat yang diantaranya ialah iritasi, infeksi, pendarahan, jaringan parut dan juga bekas luka serta yang terakhir sangatlah berbahaya dan mengerikan buat anda yang mana hal tersebut dapat berimbas pada kematian seseorang. Dan berikut ini adalah resiko atau bahaya yang akan datang kepada orang yang suka memencet jerawatnya sendiri :

Bahaya Memencet Jerawat


1. Iritasi

Memencet dan juga meremas hanya akan memperburuk jerawat. Dan bahkan kalau pun ada perbaikan maka itu sifatnya cuma sementara, menurut laporan dari Georgetown dari University Health Education Service. Segera saat  setelah dipencet jerawat tersebut akan tetap muncul kembali, sering dengan warna kemerahan maupun iritasi. Bahkan seandainya anda pencet jerawat tersebut dan nampak begitu kurang jelas, iritasi serta meradang akan bisa meninggalkan sebuah bekas yang sangat lebih lama dari jerawat tersebut.

2. Pendarahan

Memencet atau juga menggaruk permukaan pada jerawat bisa menyebabkan pendarahan. Saat ketika jerawat tersebut berdarah, pori-pori yang sudah tersumbat akan bisa terbuka kembali dan rentan meninggalkan sebuah bakteri pada kulit anda. Sel-sel darah putih lalu akan memerangi bakteri tersebut yang menyerang, pori-pori masih akan bisa kembali tersumbat tapi meradang. Dengan munculnya pembengkakan serta darah kering, jerawat akan muncul kembali dan bahkan itu mungkin akan sangat terlihat lebih lagi ketimbang yang sebelumnya.

3. Infeksi

Menurut Kidshealth, memencet jerawat akan membuat bakteri bisa masuk lebih dalam ke kulit. Masuknya bakteri tersebut bisa menyebabkan pada infeksi pori-pori yang sudah tersumbat, membuat daerah di sekitar jerawat akan lebih memerah dan juga meradang.

4. Jaringan Parut Dan Bekas Luka

CDC memperingatkan bahwa dalam memencet jerawat itu bisa menyebabkan jaringan parut. Selain itu juga, melukai jaringan yang ada disekita pori-pori yang tersumbat dan bisa merusak kulit dengan secara permanen serta meninggalkan bekas luka. Hal ini terutama untuk berlaku pada lesi jerawat yang sangat bermasalah, seperti papula, nodul, pustula dan juga kista, yang mana semuanya itu bisa sangat menyakitkan.

5. Kematian

Mungkin bahaya yang satu ini kayaknya tak masuk akal banget sih? Kok cuma gara-gara memencet jerawat saja bisa menyebabkan pada kematian. Hal ini dikarenakan adanya area wajah kita yang sudah seharusnya jerawat tersebut di biarkan saja, soalnya area yang satu ini terkadang biasanya disebut juga sebagai "Segitiga Kematian". Karena area tersebut ini telah terdapat saraf-saraf yang sangat penting, jika anda terkena saat memencet jerawat tersebut maka resiko yang akan diterima anda ya seperti ini bisa berujung pada kematian.

Nah, itulah ulasan Bahaya Memencet Jerawat Bisa Mengakibatkan Pada Kematian, semoga bagi anda yang bermasalah dengan jerawat sebaiknya ikuti peraturan kesehatan ini supaya anda terhindar dari adanya resiko tersebut. Baca yang lainnya yaitu 7 Tanda -Tanda Kekurangan Zat Kalium
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel