Fenomena Batu Akik Indonesia

Fenomena Batu Akik Indonesia -  Saya terkadang merenungi dengan keadaan sekitar yang setiap hari nampaknya mengalami kemunduran. Jaman memang sudah maju, namun dari sudut tertentu tidak ada bedanya dengan jaman dahulu. Kita lihat fenomena batu saat ini, mulai dari batu akik, batu bacan, batu merah delima, batu kembang joar, batu panca warna, batu kecubung, batu sungai dareh, dan lain sebagainya.

Fenomena batu memang sangat booming di Indonesia. Banyak yang berburu batu mulai dari mencari batu dihutan, gunung bahkan di aliran sungai. Hampir setiap orang membicarakan batu. Konon batu yang dipakai hanya sebagai perhiasan saja. Apakah betul hanya sebagai perhiasan saja???  Nyatanya dari penelusuran ternyata tidak demikian.


Memang sih mereka yang memakai batu cincin berdalih hanya sebagai perhiasan. Namun nyatanya apa? Banyak dari mereka yang menganggap batu mempunyai kekuatan mistik tertentu. Ah itu mah cuma alibi mereka saja yang tidak mau dicap syirik.


Namun tidak semuanya berpikir demikian. Banyak juga kolektor batu akik yang memang memprioritaskan sebagai seni, perhiasan dan kekayaan alam Indonesia yang perlu dikenalkan di dunia internasional. Mahalnya batu akik saat ini membuat banyak masyarakat berbondong-bondong beralih profesi sebagai pencari batu. Di Aceh sendiri, saya lihat di berita televisi nasional ditemukan batu di tengah hutan yang nilainya cukup mahal dan menjadi rebutan. Namun saat ini situs penemuan batu tersebut sudah dijaga ketat oleh aparat keamanan karena dikhawatirkan bisa memicu masalah antar masyarakat.


Dibeberapa tempat konon katanya ada yang mencari batu dengan cara melakukan ritual khusus seperti berpuasa, wiridan dan menyediakan sesajen khusus ditempat yang dianggap angker dan mistik. Sungguh fenomena yang diluar akal kita, bagaimana mungkin batu yang letaknya jauh didalam tanah atau ditempat tertentu bisa muncul dan keluar begitu saja. Masih ingat dengan postingan saya yang tentang pengambilan meja giok super? itu adalah hasil pengalaman yang saya liat sendiri di kampung saya.


Cara Pakai Cincin Batu Akik

Menggunakan batu menurut beberapa orang termasuk disunnahkan. Menurut Kiyai dikampung ane, ada hadisnya tentang Nabi Muhammad juga memakai cincin batu. Ane lupa apa ya hadisnya, soanya ga ane catet sih waktu itu. Disunnahkan memakai cincin batu itu ditangan sebelah kanan pada jari kelingking dan jari manis. Jangan lupa juga diniatkan untuk mengikuti sunnah Kanjeng Nabi Muhammad SAW, jangan niatnya untuk menambah kesaktian, kewibawaan, kharisma, anti bacok dan lain sebagainya.


Namun kalau sekiranya hati kita masih ada perasaan dengan yang namanya mistik dan kehebatan batu itu sendiri saran saya sebaiknya urungkan saja niat memakai cincin batu akik tersebut. Lebih banyak mudhorotnya ketimbang manfaatnya menurut saya. Namun kembali lagi pada keyakinan dan kepercayaan masing-masing. Tidak ada paksaan dalam beragama atau dalam hal ini masalah memakai batu cincin.

Itu saja sahabat pengunjung blog saya yang baik hatinya. Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat kita semua. Apa yang saya tulis ini hanya pandangan pribadi saja tanpa sengaja untuk menjelekkan atau menyudutkan apalagi menghakimi. Itu semua kembali pada diri masing-masing pemakai dan pecinta batu akik bagaimana memandang fenomena ini. Terimakasih sudah membaca artikel dengan judul Fenomena Batu Akik Indonesia
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel