Jebolnya Tanggul Kali Cimanuk Indramayu Akibatkan Banjir

Selamat siang kawan, hari ini tanggal 16 maret 2015 banjir melanda di sebagian jalur pantura Indramayu tepatnya di wilayah sekitar Pilangsari, Jatibarang akibat jebolnya beberapa tanggul kali Cimanuk. Banjir merendam ratusan rumah warga di pilangsari dan sekitarnya. Karena kondisi ini jalan macet dan lalu lintas yang melalui jalur pantura Indramayu Jakarta ini terpaksa dialihkan menuju ke karang ampel.

Ya, saya juga ikut melihat ke berbagai titik di wilayah sekitar rumah dan tetangga desa. Syukur Alhamdulillah desaku yang terletakn di Ujungaris tanggul kalinya cukup tinggi dan kokoh. Saya bersama Pak Kuwu Ujungaris Tatang Tarkilah melihat dan mengamati dari atas tanggul mencatat beberapa titik tanggul di kali cimanuk yang mempunyai kemungkinan bisa jebol dan tanggul yang rendah harus diwaspadai. Untuk wilayah Ujungaris sendiri, gang depan rumah saya ini tanggulnya mempunyai tingkat ketinggian yang paling rendah dibandingkan dengan tanggul lainnya di desa ujungaris.

Lokasi Foto berikut ini di Penyebrangan H Darmin dan depan Pabrik Es Pilangsari. Wong sing arah Cirebon yang  mau ke Jatibarang lebih baik lewat H Darmin Babadan atau Pasar Kertasemaya. Sumber Foto : Grup Facebook Jual-Beli Jatibarang Indramayu Oleh Kang Ali Prudential
Banjir hingga depan Pabrik Es Pilangsari Jatibarang Indramayu

Penyebrangan Tambangan H Darmin

Penyebrangan H Darmin

Foto Kuwu Ujungaris Memantau Perkembangan Meluapnya Kali Cimanuk



Untuk desa kongsi jaya saya juga melihat ada titik tanggul yang cukup rendah yaitu di gang Mawar sekitar blok Tarilah. Luapannya cukup tinggi sekitar hampir menyentuh lutut orang dewasa. Pada pengamatan video yang saya berikan dibawah ini terlihat juga beberapa rumah warga sudah mulai terendam air luapan kali cimanuk. Kemudian saya menyusuri ke bagian tanggul kali cimanuk di kongsi jaya, sudah berkumpul juga aparat desa Kongsi Jaya yaitu Kuwu, pamong desa dan anggota TNI yang ikut memantau perkembangan meluapnya kali cimanuk.
Warga Kongsijaya Gotong Royong Membuat Tanggul Dari Karung Berisi Pasir

Video Banjir Kali Cimanuk di Kongsi Jaya



Video Banjir di Widasari Blok Dua

Warga Widasari Blok Dua Gotong Royong Membuat Tanggul Dari Karung Berisi Pasir

Di widasari sendiri tepatnya di blok dua, pagi tadi sudah saya rekam kondisinya masih belum setinggi sekarang. Saat tulisan ini dimuat, kondisi luapan sungai sudah cukup tinggi dari sebelumnya di pagi hari. Waktu pagi tadi, air belum tinggi dan hanya sedikit yang meluap. Untunglah warga desa blok 2 Widasari sudah mengantisipasinya dengan membuat tanggul dari karung yang berisi pasir dan tanah untuk membendung air luapan ini.



Tahun ini nampaknya banjir kali cimanuk cukup besar dibandingkan tahun sebelumnya. Semoga saja pihak yang terkait dengan penglolaan sungai Cimanuk ini bisa berbenah dengan memperbaiki kembali kondisi tanggul Kali Cimanuk disekitar wilayah Indramayu tepatnya dari wilayah Pilangsari, Widasari, Kongsi Jaya dan seterusnya. Jika tidak segera diperbaiki, tidak tertutup kemungkinan kondisi ini akan terulang kembali pada tahun-tahun berikutnya disaat kali Cimanuk meluap.

Banjir Kali Cimanuk Indramayu Tanggul Jebol Akibatkan Lalu Lintas Tersendat



Menurut informasi dari temanku Kang Nursalim Jagat, di Wilayah Bangkir juga sedang siaga satu, karena sungai cimanuk yang melintas di wilayah ini sudah cukup tinggi. LIhat fotonya dibawah ini.
Banjir siaga satu di Bangkir  | Foto By. Kang Nursalim Jagat

Akibat Banjir, Lalu Lintas Indramayu dari arah Jakarta Cirebon dialihkan



Sahabat setia pengunjung blog guntursapta.blogspot.com yang saya cintai, itu saja yang bisa saya sampaikan pada berita seputar Indramayu ini. Mohon maaf jika ada tulisan atau perkataan yang kurang berkenan, salam sehat semuanya dan viva blogger Indramayu. Maju terus Indramayu tercinta.

Jebolnya Tanggul Kali Cimanuk Indramayu Akibatkan Banjir

HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel