Sauna Ternyata Bisa Bikin Jantung Lebih Sehat

guntursapta.blogspot.com - Banyak sekali orang yang masuk ke sauna buat menurunkan berat badannya. Namun tidak banyak juga yang mengetahui bahwa ternyata sauna itu juga bisa memberikan sebuah manfaat lain buat kesehatan pada tubuh. Sebuah penelitian yang sudah diterbitkan di "JAMA Internal Medicine" telah menemukan bahwa ternyata sauna sangat aman buat orang yang mempunyai penyakit jantung dan juga dapat menyehatkan jantung. Sebelumnya dibahas 6 Bukti Lemak Tidak Selamanya Buruk Bagi Kesehatan

"Penelitian telah menunjukan adanya kaitan diantara jantung yang sangat sehat dengan sauna. Namun penelitian yang lebih lanjut harus dilakukan buat mengetahui kepastiannya tentang sauna yang bisa mampu membuat jantung seseorang lebih sehat", papar peneliti tersebut.

Peneliti telah melakukan pengamatan kepada partisipan sebanyak 2.314 pria yang rata-rata usianya 42 tahun hingga 60 tahun, penelitian tersebut di negara Finlandia. Mereka telah mengamati resiko terjadinya hal-hal masalah jatung kayak kematian yang mendadak di akibatkan oleh serangan jantung, penyakit jantung koroner fatal dan juga penyakit kardiovaskular. Setelah mereka mengamati selama 21 tahun, telah diketahui bahwa ternyata resiko mengalami masalah pada jantung sangat lebih rendah kepada pria yang sudah lebih sering mandi sauna.

foto sauna source by. crazeal dot com

Pria yang telah melakukan sauna sebanyak 4 hingga 7 kali dalam seminggu akan mempunyai resiko terkena masalah pada jantung sebesar 63% lebih rendah jika dibandingkan sama orang yang hanya mandi sauna dengan 1 kali dalam seminggu. Sementara itu, orang yang sudah menghabiskan waktunya selama 19 menit didalam sauna tersebut mempunyai resiko terkena penyakit seperti jantung fatal sebesar 50% lebih rendah jika dibandingkan sama orang yang menghabiskan mandi sauna dengan waktu selama dibawah 19 menit.

"Walau mereka masih belum mengetahui jelas mekanismenya, mengapa mandi sauna tersebut bisa dapat melindungi kesehatan pada jantung, namun untuk waktu yang sudah dihabiskan di sauna memang tak sia-sia buat kesehatan anda", ujar Dr. Rita F Redberg dari studi University of California.

Menurut penelitian dari Harvard Medical School, panas kering yang sudah dihasilkan di sauna akan dapat membuat temperatur pada tubuh jadi meningkat serta berkeringat. Saat itulah detak jantung anda meningkat sampai 30% dan juga memompa darah sebanyak 2 kali lebih banyak. Dan kemungkinan itu yang membuat jantung anda atau kita lebih sehat ketika mandi sauna.

Demikianlah informasi tentang Sauna Ternyata Bisa Bikin Jantung Lebih Sehat, dengan adanya info seperti diatas bisa membantu anda khususnya bagi yang bersangkutan dan juga semoga anda bisa mencobanya, terima kasih.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel