Membuat Web Blog Desa Itu Mudah dan Menyenangkan

Membangun desa, itu kata-kata yang saat ini sedang digalakkan dikalangan institusi pemerintahan tingkat desa. Saat ini pemerintah sedang menggalakkan untuk memajukan desa melalui teknologi dan informasi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan media internet. Dengan media internet profil desa atau potensi desa bisa dikembangkan dengan melalui media blog atau website. Cara membuat blog desa saya kira cukup mudah jika kita mengetahui caranya. Pengembangan sumber daya desa dan informasi desa bisa kita publikasikan melalui blog.

Kita bisa mengakses blog desa atau web desa dari segala penjuru dunia. Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan melalui membuat blog desa atau web desa. Saat ini blog desa banyak menggunakan ekstensi akhiran desa.id, bukan ekstensi .com, .org, atau lainnya. Pada minggu lalu juga saya membuatkan blog desa kongsijaya dengan nama domain www.kongsijaya.desa.id , Alhamdulillah semua proses membuat blog desa lancar tanpa kendala apapun. Blog desa yang saya buat tersebut menggunakan hosting dari blogspot.

Kenapa saya memilih blogspot sebagai hostingnya, bukan self hosting atau hosting wordpress untuk membuat blog desa ?

  • Pertama, saya pikir menggunakan blogspot cara mengelolanya mudah. Saya menggunakan blogspot dengan tujuan agar nantinya admin IT blog desa bisa dengan mudah untuk mengelolanya. Karena sewaktu saya bincang-bincang dengan pihak terkait (ajudan Kepala Desa) masih belum lancar untuk mengelola blog dengan hosting wordpress. Sayapun menyarankan pakai blogspot saja, dan syukurlah kalau mengelola blogspot sudah terbiasa.
Website Desa Kongsi Jaya

  • Kedua, memakai blogspot untuk membuat blog desa murah dan stabil. Kita tahu, hosting blogspot sangat stabil. Berapapun visitornya, dia tidak akan goyah atau down. Ya memang sih, berapa sih visitor dari pengunjung blog desa itu ? Selain stabil keuntungan lain yang bisa kita dapatkan adalah harganya yang murah. Dengan hosting di blogger atau blogspot kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli hosting. Yang kita perlukan hanyalah membeli domain saja kemudian kita setting custom domain blogspot menjadi domain blog.desa.id

  • Ketiga, karena saya memang belum bisa untuk membuat blog menggunakan engine wordpress. Heheheh.... saya gak mau pusing, pake yang gampang-gampang aja lah ya. Tapi kalau ada yang mau pakai hosting dari wordpress ya oke sajalah, mudah-mudahan bisa dilaksanakan dengan baik . Tapi ya itu tadi, ane belum paham bener dan jam terbang bersama wordpress masih belum banyak.

Saya berharap agar desa-desa lain terutama desa di wilayah Kecamatan Widasari dan sekitarnya bisa mengikuti jejak dari Blog Desa Kongsi Jaya yang sudah go public dan go Online mempublikasikan kegiatan desanya melalui internet. Internet memang luar biasa, kita bisa terkoneksi dengan kampung halaman kita walaupun jarak, ruang dan waktu membatasi. Blog desa ujungaris yang notabene kampung tempat saya tinggal masih belum membuat blog desa juga. Semoga saja kedepannya semua desa di wilayah kabupaten Indramayu bisa mempunyai blog desa sendiri-sendiri, agar kemajuan desa bisa dipantau dari jauh perkembangannya. Terimakasih sudah mampir di blog saya ini ya.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel