Bagaimana Cara Menghitung Siklus Menstruasi

Bagaimana Cara Menghitung Siklus Menstruasi - Siklus menstruasi pada wanita merupakan indikator yang bisa kita jadikan patokan apakah wanita tersebut sehat atau tidak. Semua wanita yang sudah mengalami menstruasi wajib tahu bagaimana untuk menghitung masa siklus dari menstruasi yang dialaminya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagai informasi bagaimana cara mudah untuk hitung siklus menstruasi dengan cepat dan akurat. Pada artikel sebelum ini juga saya sudah tuliskan Cara Melancarkan Haid Bagaimana Ya ?

Lamanya siklus menstruasi ini bisa dihitung dari jarak tanggal anda mulai menstruasi sebelumnya hinngga tanggal pada menstruasi berikutnya. Ketika hari pertama anda mengalami pendarahan haid, itu merupakan tanggal awal dimulainya siklus haid atau anda bisa menandainya dengan hari ke 1. Siklus menstruasi ini akan berakhir ketika sebelum terjadi siklus menstruasi berikutnya.

Siklus menstruasi normal biasanya terjadi antara 21 hari sampai dengan 40 hari saja. Ada beberapa wanita yang juga memiliki siklus menstruasi yang pendek yaitu hanya 28 hari saja, dan ini terjadi sekitar 10 % sampai 15 % saja wanita yang mengalaminya. Kebanyakan juga siklus menstruasi bisa bervariasi lamanya, antara menstruasi sekarang dengan sebelumnya.

Siklus menstruasi yang panjang bisa saja terjadi pada keadaan menstruasi yang pertama kali dan juga pada saat menstruasi ketika sesaat sebelum menjelang menopause tiba. Untuk awalnya siklus menstruasi mungkin tidak teratur yaitu berjarak sekitar 2 bulan atau bisa saja akan mengalami 2 siklus dalam satu bulannya. Kondisi seperti ini merupakan keadaan yang normal, karena nantinya kalau sudah lama siklus menstruasi akan menjadi teratur.


Lamanya siklus menstruasi dapat kita pelajari dan ketahui dengan menandai kalender atau membuat catatan khusus pada kalender. Mulai dari hari ke 1 kita bisa menandai kalender dengan tanda silang, dan kemudian kita bisa hitung hingga tanda silang berikutnya.

Contohnya adalah misalkan anda hari pertama menstruasi adalah tanggal 1 bulan juli, lalu pada menstruasi berikutnya anda menstruasi di tanggal 30 juli. Maka siklus menstruasi yang anda alami ini adalah siklus menstruasi 29 hari. Cara menghitung siklus menstruasi dengan mudah ya dengan menandai kalender saja. Lambat laun juga, anda akan terbiasa dan pintar menghitung siklus menstruasi dengan baik. Nah itu saja info tentang Bagaimana Cara Menghitung Siklus Menstruasi
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel