Cara Melancarkan Haid Bagaimana Ya ?

Cara Melancarkan Haid - Permasalahan pada kebiasaan wanita haid tidak teratur merupakan haid yang tidak sesuai dengan jadwal siklus haid pada seharusnya. Terlambat datang bulan atau telat haid merupakan masalah yang terlihat sepele namun sebenarnya bisa berbahaya karena ada hubungannya juga dengan kedepannya dengan masalah kehamilan. Kalau misalnya perbedaan siklus haidnya sangat mencolok atau sekitar 1 minggu, maka itu sudah termasuk haid yang tidak lancar. Penyebab utama dari haid tidak lancar adalah adanya permasalahan pada hormonal dan juga bisa karena faktor psikis misalnya stress dan juga depresi.

Kadangkala ada juga wanita yang mengalami masalah haid tidak teratur karena penyebabnya kelelahan, karena stress berat seperti adanya masalah trauma. Selain itu dikarenakan juga oleh makan es atau makan makanan yang dingin dengan berlebihan secara berlebihan juga bisa menjadi pencetus terjadinya haid tidak lancar.

Riwayat penyakit diabetes dan juga riwayat penyakit tumor akan mengkibatkan juga masalah haid yang tidak teratur. Hal ini terjadi karena adanya konsentrasi kadar gula yang sangat berlebihan. Ada kalanya haidnya cuma terjadi satu kali dalam waktu 3 bulan. Berikut ini akan saya bagikan beberapa tips mengenai cara melancarkan haid yang tidak teratur.

Cara Melancarkan Haid Bagaimana Ya ?

Cara Melancarkan Siklus Menstruasi

  1. Sebaiknya anda kurangi beberapa aktivitas yang bisa menguras tenaga yang melelahkan seperti terlalu mengangkat beban yang berlebih.
  2. Banyaklah minum air putih minimalnya sebanyak 8 gelas setiap harinya agar metabolisme tubuh bisa lebih bagus lagi.
  3. Jangan lupa untuk makan dengan seimbang agar asupan gizi terjaga dan juga nutrisinya tercukupi. Jangan makan makanan yang punya banyak kandungan lemak dan juga kolesterol serta makan makanan cepat saji. Hal ini akan mengakibatkan pada menstruasi menjadi tidak baik.
  4. Lakukan olahraga secara rutin seperti joging dan juga jalan cepat. Ini sangat baik juga sebagai salah satu trik untuk melancarkan haid.
  5. Kalau misalnya anda pernah mengalami pendarahan yang luar biasa rasa sakitnya dan berkepanjangan pada saat haid, maka saran saya segera periksakan diri anda kedokter ahli agar bisa didapatkan solusi penanganan yang tepat. Barangkali ada beberapa masalah pada rahim anda.
  6. Berat badan juga bisa mempengaruhi proses haid. Berat badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus bisa juga menjadi pencetus masalah haid yang tidak teratur. Karena hal ini ada kaitannya juga dengan hormon estrogen di dalam tubuh anda.

Pada siklus haid yang sangat cepat dan siklus haid yang sangat lama akan berakibat pada ovulasi yang bisa saja jarang terjadi bahkan tidak mengalami proses ovulasi. Tetapi gangguan ovulasi ini bukan hanya dilihat dari masalah siklus haid saja. Kita harus uji lebih mendalam lagi agar bisa didapatkan hasil yang lebih akurat. Nah sahabat wanita Indonesia, itu saja yang dapat saya sampaikan kali ini perihal Bagaimana Cara Melancarkan Haid.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel