Cara Berobat Ke RSUD INDRAMAYU via BPJS Kesehatan dan Persyaratannya

Assalamualaikum,.. salam sehat semuanya rekan netizen dimana saja berada. Kali ini saya akan posting tentang pengalaman saya dalam berobat ke RSUD Indramayu menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Sudah lama saya ingin memposting artikel tentang berobat menggunakan layanan BPJS ini, dan baru kali ini saya bisa mempublikasikannya buat rekan netizen semuanya. Ini hanya sebagai contoh saja saya melakukannya di RSUD INDRAMAYU, untuk rumah sakit lainnya yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan kurang lebih caranya sama.

Seperti biasanya, rutinitas mingguan saya bersama istri adalah berobat rutin ke Poli Saraf yang kebetulan ditangani oleh dokter spesialis saraf paling bagus di Indramayu yaitu dr. Ratnasari Liliana Sp.S. Saya datang ke RSUD sekitar jam 8 pagi, dan biasanya di jam-jam sepagi ini sudah mulai banyak bejubel masyarakat yang antri di ruangan BPJS untuk mengurus BPJS dan mendapatkan kartu eligibilitas untuk berobat ke RSUD INDRAMAYU. Alhamdulillah hari sabtu pelayanan di ruangan kantor BPJS agak sepi dan tidak perlu mengantri dengan susah payah.

Cara Berobat Ke RSUD INDRAMAYU via BPJS Kesehatan dan Persyaratannya

Sebelum anda masuk kedalam kantor BPJS Centre RSUD INDDRAMAYU ini alangkah baiknya anda sudah mempersiapkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk keperluan ini. Adapun dokumen-dokumen yang perlu anda siapkan adalah :

1. Surat Rujukan Faskes Tingkat Pertama

Surat Rujukan

Dalam hal ini surat rujukan ini bisa anda dapatkan dari PUSKESMAS atau dari dokter langganan anda. Dalam kasus saya saya mendapat surat rujukan ini dari PUSKESMAS WIDASARI. Jangan lupa kalau sudah punya surat rujukan FASKES Tingkat Pertama ini anda foto kopi sebanyak mungkin atau sesuai dengan kebutuhan anda, karena nantinya surat rujukan ini tidak hanya digunakan satu kali saja tapi bisa berkali-kali.

2. Kartu BPJS KESEHATAN


Semua pasti udah punya kan kartu BPJS KESEHATAN ? jangan lupa kartu yang asli anda fotokopi juga sebanyak mungkin atau sesuai dengan kebutuhan. Oya, yang lebih penting juga iuran perbulannya sebaiknya sudah anda setorkan sebelum tanggal 10 tiap bulannya agar tidak kena denda dan supaya proses anda berobat ke RSUD ini tidak ditangguhkan akibat anda lupa bayar tagihan iuran BPJS. Pembayaran BPJS saat ini bisa melalui ATM ataupun melalui Internet Banking di semua Bank Indonesia juga bisa.

3. Kartu Berobat


Sisipkan juga kartu berobat bersama dengan kelengkapan dokumen diatas dan anda satukan dengan paperclip biar rapi dan tidak berantakan. kartu berobat ini biasanya buat yang sudah pernah berobat sebelumnya di RSUD INDRAMAYU.

Sahabat netizen pembaca setia blog guntursapta.blogspot.com yang berbahagia, setelah kelengkapan dokumen diatas terpenuhi silahkan anda masuk ke ruangan kantor BPJS CENTRE di RSUD INDRAMAYU ini. Segera anda ambil nomor antrian yang posisinya ada di meja depan petugas pencatat data BPJS. Setelah itu anda dipersilahkan untuk duduk diruang tunggu yang telah disediakan.

Setelah tiba giliran antrian anda, segera anda serahkan berkas dokumen yang sudah anda siapkan tadi dan anda tunggu beberapa saat. Petugas BPJS CENTRE akan memverifikasi data BPJS anda dan kemudian anda akan mendapatkan "SURAT ELEGIBILITAS PESERTA RSUD INDRAMAYU". Nah, setelah anda mendapatkan surat itu anda bisa keluar dan jangan lupa budayakan untuk mengucapkan "Terimakasih" kepada petugas BPJS yang sudah membantu kita dalam menyelesaikan proses ini.


Datang ke Loket RSUD Indramayu di Lobbi Utama

Setelah anda dari kantor BPJS CENTER sekarang anda berpindah ke tempat berikutnya dengan masih tetap membawa dokumen tadi yang dari BPJS CENTRE, dalam hal ini anda akan membawa dokumen sebagai berikut :
  1. Surat Rujukan Faskes Tingkat Pertama
  2. Kartu Berobat
  3. Kartu BPJS Kesehatan
  4. Surat Elegibilitas Peserta RSUD INDRAMAYU

Anda serahkan dokumen tadi ke loket pendaftaran pasien lama yang posisi tempatnya ada di sebelum anda masuk ke lobbi utama RSUD Indramayu ini. Jangan salah tempat ya, untuk yang pasien lama tempatnya ada di loket sebelah luar sebelum anda masuk ke gedung lobbi utama ini. Untuk pasien yang baru daftar loketnya ada dibagian dalam, letaknya yang berdekatan ini kadang juga membingungkan bagi anda yang masih baru pertama kali ke RSUD INDRAMAYU. Jangan sungkan-sungkan anda bertanya kepada petugas keamanan atau Pak SATPAM agar tidak salah.. Pak SATPAM RSUD INDRAMAYU orangnya baik dan ramah.

Nah setelah anda menyerahkan dokumen tersebut, biasanya yang diambil cuma surat elegibilitas sama copyan kartu BPJS saja yang diambil dan selebihnya dikembalikan lagi. Maka silahkan anda menunggu di lobbi depan ruang Poli yang bersangkutan, dalam hal ini saya pun segera saja menunggu duduk didepan ruang poli saraf RSUD Indramayu.

Sampai disini kira-kira sudah mulai mengerti ya bagaimana kronologis atau alur cara berobat ke RSUD INDRAMAYU menggunakan kartu BPJS KESEHATAN ini. Kalau masih kurang mengerti sahabat netizen semua bisa bertanya via komentar yang telah disediakan dibawah ini. Jangan sungkan anda bertanya ketika sudah sampai RSUD Indramayu kepada Pak SATPAM atau kepada petugas lainnya, karena bisa dipastikan untuk yang masih baru biasanya akan tersesat karena minimnya informasi alur bagaimana cara daftar ke rumah sakit dengan BPJS ini. Kalau yang sudah biasa sih ya ga usah diragukan lagi... pasti udah pinter semua. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan mohon doanya agar istri saya segera diberi kesembuhan yang sempurna,.. Aamiin. Terimakasih Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokaatuhu. Salam sehat semuanya.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel