Ini Dia Orang Terkaya Indonesia Tahun 2016

Ini Dia Orang Terkaya Indonesia Tahun 2016

Foto: Rachman Haryanto
Kondisi ekonomi yg cukup mendukung membuat kekayaan setengah menurut 50 orang terkaya pada Indonesia naik.

Secara total, nilai kekayaan berdasarkan 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun ini merupakan US$ 99 miliar atau Rp 1.336 triliun, naik menurut tahun kemudian US$ 92 miliar atau Rp 1.242 triliun.

Forbes membuat pemeringkatan terkini orang terkaya di Indonesia. Berikut daftar sepuluh besarnya, misalnya dikutip, Kamis (1/12/2016).1. R.Budi & Michael Hartono
Kedua bersaudara pemiliki Grup Djarum ini pulang sebagai orang terkaya pada Indonesia. Hartanya berjumlah US$ 17,1 miliar, atau sekitar Rp 230,85 triliun.
Harta ke 2 bersaudara ini naik US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 22,9 triliun, ini lantaran kenaikan nilai investasi mereka dalam PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Bersaudara ini dilaporkan mentransfer saham BCA senilai lebih menurut US$ 13 miliar, berdasarkan perusahaan miliknya pada luar negeri ke pada negeri, pada rangka program tax amnesty.

Dua. Susilo Wonowidjojo
Susilo Wonowidjojo & keluarganya adalah pemilik perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk, yg memproduksi 70 miliar btg per tahun, & mempekerjakan 36.900 tenaga kerja.
Harta kekayaan Susilo Wonowidjojo & keluarganya tercatat US$ 7,1 miliar atau Rp 95,85 triliun, naik US$ 1,6 miliar pada setahun.

Meski anggaran rokok ketat, tetapi keuntungan dan penjualan Gudang Garam naik 19% & 8% di 2015. Ini menaikkan harga saham Gudang Garam.

3. Anthoni Salim
Anthoni Salim waktu ini memimpin Salim Group, yang di akhir tahun lalu menerima uang US$ 1 miliar atau Rp 13 triliun lebih buat ekspansi bisnis.
Nilai kekayaan Anthoni dan keluarganya tercatat US$ 5,7 miliar, atau lebih kurang Rp 76,9 triliun.

Baru-baru ini, Anthoni mengakuisisi perusahaan tambang batu bara di Australia senilai US$ 224 juta, kemudian membeli saham di perusahaan penjual kopi Korea Selatan, yaitu Caffebene, serta membuka pabrik mi instan di Serbia.

4. Eka Tjipta Widjaja
Eka Tjipta Widjaja adalah pendatang berdasarkan negeri Tiongkok ketika usianya 9 tahun. Pada usia 17 tahun, Eka menjadi penjual biskuit.
Nilai kekayaan Eka saat ini adalah US$ 5,6 mliar atau sekitar Rp 75,6 triliun.
Sekarang, keluarganya sebagai pemegang saham terbesar pada perusahaan kelapa sawit bernama Golden Agri-Resources yg dijalankan dua anaknya, Franky dan Muktar.

Anak-anak Eka pula menjalankan usaha properti lewat Sinar Mas Land.

Lima. Sri Prakash Lohia
Sri Prakash Lohia memperoleh kekayaan menurut usahanya menghasilkan komponen produsen botol plastik.
Dia dan ayahnya mendirikan Indorama pada 1976, yang sekarang menjadi perusahaan petrokimia.

Nilai kekayaan Sri Prakash Lohia adalah US$ lima miliar, atau lebih kurang Rp 67,5 triliun.

6. Chairul Tanjung
Chairul Tanjung menjadi orang terkaya nomor enam pada Indonesia. Nilai kekayaannya US$ 4,9 miliar atau kurang lebih Rp 66,1 triliun.

Pemilik CT Corp ini mempunyai usaha ritel dengan nama Transmart Carrefour. Forbes menyatakan, laki-laki yg akrab disapa CT ini jua mengontrol franchise Wendy's pada Indonesia, & jua Versace, Mango, serta Jimmy Choo.

7. Boenjamin Setiawan
Boenjamin memiliki usaha tempat tinggal sakit Mitra keluarga, yg masuk bursa saham dalam Maret 2015. Boenjamin dan keluarganya berencana membuka 6 rumah sakit lagi pada beberapa tahun ke depan.
Dia & keluarganya pula menjalankan bisnis perusahaan obat lewat Kalbe Farma yg didirikan 1966.

Jumlah kekayaan Boenjamin mencapai US$ tiga,tiga miliar, atau lebih kurang Rp 44,lima triliun.

8. Tahir
Jumlah kekayaan Tahir tercatat mencapai US$ 3,1 miliar, atau lebih kurang Rp 41,8 triliun.

Pendiri Grup Mayapada ini memiliki usaha rumah sakit, bank, sampai real estate. Dia pula tercatat sebagai filantropi yg telah mendonasikan uangnya US$ 14 juta pada 2016 buat para pengungsi di global.

9. Murdaya PooMurdaya Poo merupakan pemilik Jakarta International Expo, daerah konvensi terbesar di Jakarta.
Harta kekayaan Murdaya mencapai US$ dua,1 miliar, atau sekitar Rp 28,tiga triliun.

Lewat Central Cipta Murdaya Group, Murdaya mempunyai bisnis pada sektor kelapa sawit, mekanik, & IT.

10. Mochtar Riady
Mochtar tercatat mempunyai harta US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 25,65 triliun.
Mochtar adalah pendiri Lippo Group yg sekarang dijalankan anaknya, James Riady.
Lippo diklaim tengah menggencarkan bisnis digital banking lewat Bank Nobu, yang dijalankan cucunya, John Riady. Kemudian pula e-commerce lewat MatahariMall.

HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel