Lupa Nomor Rekening Inilah Cara Mengetahuinya

Lupa Nomor Rekening Inilah Cara Mengetahuinya

Pernahkah dimintai nomor rekening bank?Syukur kalau jangan lupa nomornya, bagaimana kalau ternyata lupa?Mau tidak mau transaksi yang dilakukan tidak bisa secepat yang diharapkan. Ya, mau bagaimana lagi. Dalam setiap transaksi yg memakai fasilitas bank, keberadaan nomor rekening dibutuhkan supaya uang sanggup segera dipindahkan berdasarkan rekening berasal ke rekening tujuan.

Sekadar pengingat, nomor rekening bank dimiliki selesainya informasi-keterangan personal yg diminta bank menjadi syarat buat sebagai nasabah sudah teregistrasi secara absah di bank tersebut. Dengan kata lain, nomor yang satu ini bersifat pribadi & penggunaannya mesti diketahui atas sepengetahuan pemiliknya.

Sejauh ini untungnya belum terdapat modus kejahatan yang menyalahgunakan angka rekening. Jadi, aman-aman saja apabila ada keperluan yang mengharuskan Anda menaruh nomor rekening kepada banyak orang. Meskipun demikian, alangkah baiknya Anda memastikan orang yg akan diberikan nomor rekening. Setidaknya buat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kembali ke soal mengetahui angka rekening. Jika lupa menggunakan angka yang satu ini saat sedang diharapkan, terdapat sejumlah cara yang mampu membantu Anda buat mengetahuinya. Bagaimana caranya?Berikut ini ulasannya.

1. Cari Tahu pada Buku Tabungan
Cara yg satu ini barangkali telah banyak yg memahami. Buku tabungan selain menyimpan catatan saldo, uang yang terdebit, & terkredit, pula menyimpan beberapa liputan lain. Salah satunya merupakan nomor rekening yg letaknya bisa ditemukan di kembali cover kitab tabungan. Nah, bagi Anda yang kebetulan membawa buku tabungan, segera buka kitab tabungan Anda & perhatikan berita yang tercantum di balik cover. Anda akan menemukan angka rekening Anda.

Tidak sedikit jua yang terkadang tidak membawa kitab tabungan. Entah karena lantaran tertinggal pada tempat tinggal atau hanya dibawa waktu ingin menabungkan uang langsung di bank. Untuk yg satu ini, tidak perlu khawatir. Sebab terdapat cara lain buat mengetahui angka rekening. Seperti yang dijelaskan pada bawah ini.

2. Cek pada Mesin ATM
Fungsi ATM yg banyak orang memahami merupakan memfasilitasi penarikan uang tunai. Cukup memasukkan kartu ATM kemudian mengetikkan nomor Personal Identification Number (PIN) & memilih nominal yg ingin ditarik maka uang tunai keluar menurut mesin yang jumlahnya sesuai menggunakan yang Anda pilih. Di samping itu, mesin ATM mempunyai tidak sedikit fungsi lainnya. Mulai berdasarkan pengecekan saldo, transfer uang, pembayaran tagihan, pembelian pulsa atau e-money, sampai penyetoran tunai.

Ternyata terdapat satu fungsi yg belum tidak sedikit orang tahu berdasarkan mesin ATM, yaitu bisa digunakan buat mengecek nomor rekening. Bagaimana caranya?Saat menggunakan mesin ATM, ada beberapa hidangan yang tersedia yg membantu Anda pada menggunakan mesin ATM. Bagi nasabah Bank BRI dan BNI, carilah dan pilihlah sajian Mutasi Rekening maka nomor rekening akan ditampilkan berikut histori transaksi terakhir.

3. Temukan di Internet Banking
Penggunaan smartphone atau gadget berikut fasilitas internetnya sekarang telah umum di tengah-tengah masyarakat urban. Bank pun turut beradaptasi menggunakan menghadirkan fasilitas internet banking agar nasabahnya sanggup melakukan transaksi secara online. Nah, bagi Anda yg menggunakan smartphone atau gadget, pencarian nomor rekening mampu dilakukan dengan mudah lewat internet banking.

Anda relatif meregistrasikan diri buat menerima akun internet banking, baik melalui ATM atau langsung pada kantor cabang terdekat. Apabila sudah, Anda tinggal mengetikkan alamat internet banking di browser, misalnya:

Begitu login, umumnya terdapat menu keterangan rekening pada halaman muka. Lewat hidangan tersebut, Anda bisa mengetahui angka rekening Anda.

4. Temukan pada Mobile Banking
Sama-sama mengandalkan kecanggihan teknologi & akses internet, bukan berarti Mobile Banking serupa dengan Internet Banking. Fasilitas perbankan Mobile Banking mampu digunakan pada wujud aplikasi yg terpasang (install) pada smartphone/gadget Anda. Untuk itu, Anda perlu mengunduhnya (download) dari pelaksanaan Store dalam smartphone apabila belum terpasang. Bagi pengguna Android, aplikasinya mampu didapat pada Google Play Store menggunakan mengetikkan nama bank yg dipakai.

Untuk bisa menggunakan Mobile Banking, Anda perlu membuat akun berupa ID dan password supaya bisa mengakses. Begitu Anda login, hidangan-hidangan pilihan akan ditampilkan pada layar smartphone. Dan biasanya nomor rekening tercantum di menu yang memakai nama Informasi Akun atau Account Information atau Info (semacam itu).

5. Tanyakan lewat Call Center
Kebanyakan bank menyediakan layanan call center supaya nasabah mampu berkomunikasi lewat sambungan telepon. Layanan call center cenderung dimanfaatkan buat memblokir kartu ATM, entah lantaran hilang atau tertelan mesin ATM. Pemblokiran sendiri merupakan langkah pengamanan supaya uang dalam rekening nggak dikuras pelaku kejahatan.

Di samping itu, manfaat lainnya bisa dirasakan berdasarkan penggunaan layanan call center, seperti menanyakan produk perbankan semisal kartu kredit, melakukan transaksi perbankan, atau menanyakan kabar suku bunga. Menanyakan nomor rekening pun pula sanggup lewat call center. Anda tinggal menghubungi angka call center bank yg dipakai dan tanyakan angka rekening Anda. Langkah selanjutnya tinggal Anda ikuti.

Di bawah ini adalah daftar nomor call center dari sejumlah bank yg sanggup dihubungi kapan saja & pada mana saja.

6. Cari Tahu pada Kantor Bank Terdekat
Ini jadi cara terakhir jika cara-cara sebelumnya tidak memungkinkan buat dilakukan. Bisa saja buku tabungan hilang atau kebetulan smartphone pada syarat rusak. Satu-satunya untuk mencari tahu nomor rekening merupakan mendatangi tempat kerja bank terdekat & menanyakannya di sana. Bila Anda berniat buat menanyakannya lewat teller atau customer service pada bank, ingat membawa KTP. Kartu bukti diri diperlukan pada proses validasi data nantinya.

Pilih & Gunakan Cara yang Dirasa Praktis

Dari penjelasan pada atas, tidak sedikit pilihan cara yang mampu dilakukan buat mencari tahu angka rekening. Anda tinggal memilih mana yg cenderung disukai. Kalau Anda tipe orang yg melulu tergantung dalam smartphone, gunakanlah Internet Banking atau Mobile Banking. Misalkan kebetulan pada dekat ATM, cari tahulah angka rekening melalui mesin ATM. Simpelnya, pilih & gunakanlah cara yg dirasa paling gampang agar urusan Anda cepat selesai.

HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel