Nama Stupa Puncak Candi Borobudur Terdapat Patung

Nama Stupa Puncak Candi Borobudur Terdapat Patung - Traveler yg pernah berkunjung ke Borobudur mungkin pernah dibuat penasaran akan isi dari stupa terbesar pada puncaknya. Konon, patung ini adalah isinya.

Sejarah menuliskan, jika Candi Borobudur terbagi sebagai tiga tahapan primer yang melambangkan perjalanan hayati buat mencapai surga  atau Moksa. tdkwana itu pun dilambangkan terletak di bagian teratas Borobudur atau yang disebut Arupadatu.

nama patung dalam stupa candi borobudur

nama patung dalam stupa candi borobudur


Di level yang sama, diketahui ada 73 stupa yg terdiri menurut 72 stupa mini   dan 1 stupa raksasa yang berada di puncaknya. Namun sedikit tidak sinkron dengan stupa mini   yang memiliki rongga, stupa super besar yang ada tdk mempunyai rongga. Traveler pun lantas dibuat bertanya-tanya akan isi menurut stupa raksasa tadi.

Ketika detikTravel berkunjung ke Museum Borobudur yang berada pada area pelataran candi, pemandu wisata resmi setempat yang bernama Lina mengajak saya buat melihat sebuah patung Buddha yang ada pada keliru satu bagian museum. Dijelaskan olehnya, jika konon patung tersebut merupakan isi menurut stupa super besar pada puncaknya Borobudur.

Ini namanya patung unfinished Buddha atau patung Buddha yg belum selesai, dulu katanya patung ini terdapat pada permukaan stupa raksasa Borobudur, ditemukan pada ketika penggalian, ujar Lina dalam detikTravel, Jumat sore (14/4/2017).

Ditelusuri jua oleh detikTravel, jika dahulunya patung itu pertama kali ditemukan oleh Theodore Van Erp yg betugas buat merestorasi Borobudur antara tahun 1907 hingga 1911.

stupa candi borobudur terdapat patung

stupa candi borobudur terdapat patung

Saat itu Theodore menemukan bagian puncaknya stupa raksasa yg ternyata kosong. Di dalamnya, Theodore pun menemukan patung Buddha tadi. Sejumlah opini terkait kebenaran patung sebagai isi stupa super besar mulai menjadi pergunjingan.

Tetapi bukannya mengembalikan patung tadi ke pada stupa super besar yang telah direstorasi sepenuhnya, patung tadi akhirnya permanen dibiarkan berada di luar atau yang kini   menjadi Museum Borobudur.

Ditambahkan sang Lina, jika patung itu diklaim demikian lantaran belum selesai secara sempurna. Oleh poly orang, syarat patung yg belum selesai sebagai perumpamaan akan ketidakmampuan manusia buat menggambarkan sosok Buddha.

Kenapa disebut tdk terselesaikan, karena tangan kirinya belum terselesaikan, hal ini jua jadi gambaran kalau sosok Buddha tdk bisa digambarkan secara paripurna, ujar Lina.

Satu yang niscaya, patung Buddha tadi menjadi ikon Museum Borobudur yang sanggup jadi paling menarik. Patung itu juga sekaligus menjadi jawaban berdasarkan keingintahuan traveler akan isi dari stupa utama pada puncaknya Borobudur.

Itulah tadi informasi yang berkaitan dengan Nama Stupa Puncak Candi Borobudur Terdapat Patung yang kami kutip dari situs detiktravel. Semoga bermanfaat ya informasi ini. Terimakasih.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel