Posts

Showing posts matching the search for Kali Cimanuk

Cerita Kali Cimanuk Indramayu Mitos Buaya Siluman

Image
Cerita Kali Cimanuk Indramayu - Assalamualaikum,,.. sahabat blog guntursapta dimana saja anda berada, kesempatan kali ini ane mau bercerita beberapa mitos dan cerita tentang kali Cimanuk Indramayu. Saya sebagai warga desa Ujungaris yang lokasi rumah tepat disamping kali Cimanuk pasti tau cerita yang beredar dan turun temurun dari mulut ke mulut mengenai cerita mistis dan keangkeran kali cimanuk. Terlebih di daerah saya yaitu antara desa disepanjang sungai cimanuk dimulai dari bendungan rentang sampai ke wilayah paling ujung di kali cimanuk pas di muara kali cimanuk mempunyai cerita yang beragam.

Orang Jawa Timur dan Jawa Tengah Dilarang Mandi Di Kali Cimanuk Ya, mitos yang kali ini saya ingin ceritakan tentang orang dari daerah selain jawa barat ( Jawa Tengah dan Jawa Timur) tidak boleh mandi di sungai cimanuk. Entah dari mana awalnya cerita ini berkembang dari masyarakat, saya hanya mengamini saja tanpa peduli kebenaran atau tidaknya.

Kata orang tua, ketika kita punya tamu atau sauda…

Perbaikan Tanggul Kali Cimanuk Jebol Akibat Banjir di Indramayu

Image
Semangat pagi kawan-kawan pengunjung setia blog ane yang baik hatinya. Pagi ini saya dapat kabar dari teman, namanya Kang Angga alias Ang Gatot kalau tanggul kali cimanuk di widasari sedang diperbaiki. Sayapun segera bergegas menuju ke TKP untuk melihat proses perbaikan tanggul cimanuk.  Ternyata benar juga, ada satu alat berat beko sedang mengeruk tanah disekitar tanggul kali cimanuk yang amblas dan longsor akibat abrasi air cimanuk. Masih menyambung kejadian beberapa minggu kemarin tentang banjir kali cimanuk 2015 ini nampaknya mendapat respon positif dari pihak terkait.

Foto Proses Perbaikan Tanggul Kali Cimanuk di Widasari Blok Dua
Alhamdulillah, akhirnya diperbaiki juga setelah sekian tahun kondisi tanggul disekitar Widasari blok dua ini terbengkalai tanpa sentuhan perbaikan dari pihak terkait. Kondisi rusaknya tanggul di widasari ini sudah lama bertahun-tahun yang lalu sudah longsor dan amblas. Kondisi terakhir yang saya lihat, tanah tanggul cimanuk ini sudah sangat memprihatinka…

Jebolnya Tanggul Kali Cimanuk Indramayu Akibatkan Banjir

Image
Selamat siang kawan, hari ini tanggal 16 maret 2015 banjir melanda di sebagian jalur pantura Indramayu tepatnya di wilayah sekitar Pilangsari, Jatibarang akibat jebolnya beberapa tanggul kali Cimanuk. Banjir merendam ratusan rumah warga di pilangsari dan sekitarnya. Karena kondisi ini jalan macet dan lalu lintas yang melalui jalur pantura Indramayu Jakarta ini terpaksa dialihkan menuju ke karang ampel.

Ya, saya juga ikut melihat ke berbagai titik di wilayah sekitar rumah dan tetangga desa. Syukur Alhamdulillah desaku yang terletakn di Ujungaris tanggul kalinya cukup tinggi dan kokoh. Saya bersama Pak Kuwu Ujungaris Tatang Tarkilah melihat dan mengamati dari atas tanggul mencatat beberapa titik tanggul di kali cimanuk yang mempunyai kemungkinan bisa jebol dan tanggul yang rendah harus diwaspadai. Untuk wilayah Ujungaris sendiri, gang depan rumah saya ini tanggulnya mempunyai tingkat ketinggian yang paling rendah dibandingkan dengan tanggul lainnya di desa ujungaris.

Lokasi Foto beriku…

Anak Kecil Kelas 3 SD Tenggelam di Sungai Cimanuk

Image
Hilangnya seorang anak kecil Warga Desa Kebulen Kec. Jatibarang di Sungai Cimanuk - Geger hilangnya seorang anak kecil berumur skitar kelas 3 sd di kali cimanuk yang tewas tenggelam ketika sedang buang air besar. Kejadian yang berawal dari hari kemarin sore tgl 14 desember 2014 hingga hari ini berselang satu hari masih belum ditemukan.

Warga berkerumun di bibir sungai kali cimanuk melakukan pencarian dipinggir sungai yang aliran airnya cukup deras dan berwarna keruh membuat pencarian mengalami kesulitan. Tim SAR dari Badan SAR Nasional juga mulai dikerahkan untuk membantu pencarian korban tenggelam.

Kronologi kejadian dari penuturan warga kebulen menyatakan, konon anak tersebut sedang bermain di sungai cimanuk dan buang air besar di pinggir kali cimanuk bersama teman yang lainnya. Konon anak tersebut bab sambil nongkrong di pohon kersem yang roboh ke tepian sungai. Analisa saya kemungkinan anak tersebut terpeleset di batang pohon kersem sebagai pijakan ketika bab di tepi sungai cimanu…

Benarkah Mitos Siluman Buaya Di Kali Cimanuk Indramayu Itu Ada ?

Image
Benarkah Mitos Siluman Buaya Di Kali Cimanuk Indramayu Itu Ada ? Selamat malam netter semua, masih mengenai mitos kali cimanuk di Indramayu yang konon katanya ada siluman buaya. Cerita saya kali ini masih ada kaitannya dengan mitos siluman buaya cimanuk. Cerita ini jangan dipercaya seratus persen ya.. karena ini adalah cerita yang fiktif dan jika ada kesamaan nama, tokoh, tempat dan situasi tertentu hanyalan kebetulan belaka. Langsung saja, saya ingin bercerita mengenai mitos ini.

Di Sepanjang bibir sungai Cimanuk khususnya yang masuk kedalam kabupaten Indramayu ini masih berkembang di Masyarakat sekitar Sungai Cimanuk bahwa cimanuk ini dihuni oleh mahluk siluman buaya. Ada beberapa titik yang kerap menjadi sarang keberadaan siluman buaya ini. Sepengetahuan saya (ini hanya berandai-andai loh..jangan dipercaya, sekedar hiburan semata) tempat yang angker dan bercokol sarang siluman buaya ini ada di Jembatan Kali Cimanuk Widasari Jatibarang, Jembatan Kereta Api Kongsi Jaya, dan di Jembat…

Cerita Meninggalnya Alm. Bapakku di Jembatan Bangkir - Bendungan Karet Cimanuk Indramayu

Image
Assalamualaikum, wr. wb. selamat siang menjelang sore sob. Update status blog saya kali ini mengenai kilas balik sejarah meninggalnya  Alm. Bapakku. Sebenarnya ceritaku ini tidak mau saya ekspos. Tetapi dengan pertimbangan dan suatu hal saya memberanikan diri untuk mengangkat sisi lain kehidupanku semasa kecil yang sudah ditinggal alm. Bapakku.

Pagi hari sekitar jam 7.33 pagi Waktu Indonesia Bagian Ujungaris saya bersama istri bergegas berangkat ke Indramayu menuju ke kontrakannya Bang Murad. Yang saya lakukan disana adalah membersihkan rumput liar yang sudah mulai meninggi. Ini rumput liar ya... (bukan rumput tetangga, wkwkwk). Sampai di tempat tujuan sekitar jam 8.40, karena emang jalannya juga gak ngebut dan sambil refreshing liat pemandangan di kanan kiri jalan. Sebelum ini ane pernah update status ngeblog ane mengenai Kata-Kata Bijak Om Gus Bud

Selesai membersihkan rumput sekitar jam 12 siang lebih dikit. Saya pun bersama Istri bergegas dan berkemas merapikan sabit dan perlengkap…

Museum Bandar Cimanuk Indramayu

Image
Assalamualaikum,..selamat pagi rekan netizen semuanya. Cuaca pagi ini cukup dingin, diluar sana sedang turun hujan. Hari ini saya akan menuliskan kegiatan kemarin yaitu mencari alamat Museum Bandar Cimanuk Indramayu. Sebelumnya saya juga sudah menuliskan tentang sejarawan dan seniman Indramayu yang gigih memperjuangkan mengumpulkan foto Indramayu jaman  dulu Yaitu Nang Sadewo.

Museum Bandar Cimanuk ini menarik keinginan untuk saya kunjungi, kesukaan saya akan sejarah kota tua dan hal-hal tempo dulu terutama Kota Indramayu membuat saya melaju kendaraan kesayangan saya "si Kebo" Motor Byson .... ini menuju ke kota Indramayu. Biasanya saya bersama Istri, namun karena kondisi istri sedang tidak enak badan dia tidak ikut. Oya.. kebetulan juga selain tujuan saya ke Museum Bandar Cimanuk ada salah satu tugas lagi yaitu mau ke kontrakan milik Kang Murad yang berada di BTN .... untuk menyelesaikan urusan perpanjangan kontrakan dan saya diamanati untuk memberikan surat perpanjangan kon…

Prasasti Raden Arya Wiralodra Indramayu

Image
Assalamualaikum sedulur kabeh masyarakat netizen khususe wong Indramayu, pripun kabare ? Dalu puniki kula bade posting tentang prasasti peninggalan Raden Arya Wiralodra. Masyarakat Indramayu sudah pasti mengenal akan sosok Raden Arya Wiralodra Sang Pendiri Kota Indramayu tercinta ini. Beliau adalah seorang pemimpin yang kharismatik, bijaksana dan tegas dalam memimpin daerah Indramayu ini.

Raden Arya Wiralodra mempunyai prasasti yang sampai kini masih menjadi kata kata indah akan datangnya kemakmuran di Indramayu ini. Berikut ini saya kutip dari situs resmi pemerintah Kabupaten Indramayu

Prasasti Raden Aria Wiralodra 
Nanging Benjing Allah nyukani Kerahmatan kang linuwih Darma ayu mulih harja Tan ana sawiji - wiji Pertelane Yen wonten taksaka nyabrang kali Cimanuk Sumur kajayaan deres mili Dlupak murub tanpa patra Sadaya pan mukti malih Somahan lawan prajurit Rowang lawan priagung Samya tentram atine Sadaya harja tumuli Ing sekehing Negara pada raharja

AKAN TETAPI KELAK NANTI ALLAH ME…

Belajar Menerbangkan Drone Syma X5HW

Image
Belajar Menerbangkan Drone Syma X5HW - Halo gan,.. selamat malam semuanya. update lagi kali ini saya berbagi cerita mengenai penerbangan pertama drone syma saya yang baru saja saya beli. Awalnya nih gan, saya coba menerbangkan di pinggiran kali cimanuk dan tuas sebelah kiri syma x5hw saya tekan terlalu cepat. Nah akhirnya si drone ini melesat tinggi ke angkasa dan tidak dapat saya kontrol baik untuk mengemudinya maupun untuk jarak pandangnya karena terhalang oleh banyak pohon. Waduh... mana ini drone masih baru kok hilang, pikirku dalam hati. Setelah dicari-cari ternyata drone ku hampir saja menyeberangi sungai cimanuk. Wah tambah panik deh saya.. alhamdulillah nya setelah beberapa saat saya mulai bisa menguasai kontrol dari drone ini dan bisa balik lagi ke daratan walaupun dengan proses landing yang kurang sempurna ya namanya juga Belajar Menerbangkan Drone Syma X5HW.

Hahahaha... ngeri-ngeri sedap gimana gitu main drone ini. Saya pun kemudian istirahat sebentar sambil ditemani istrik…

Nang Sadewo, Merangkai Kembali Foto Indramayu Tempo Doeloe

Image
Tulisan ini merupakan hasil rangkuman dan penulisan ulang dari tabloid MH edisi 125 tahun VI tanggal 15-30 November 2015 dan menarik saya untuk menuliskannya kembali ke blog pribadi saya ini. Nang Sadewo atau nama lengkapnya adalah Sulaiman Indrajaya yang lahir asli Indramayu dan berusia sekitar 40 tahun ini merupakan seniman Indramayu yang peduli dengan sejarah Kota Indramayu, dan ingin mengumpulkan kembali bukti sejarah Indramayu tempo dulu.



Indramayu Tempo Doeloe
Dari catatan sejarah Tome Pires, tahun 1512 - 1515 mencatat bahwa konon pada masanya Indramayu terutama sungai cimanuk ini merupakan pelabuhan terbesar kedua setelah pelabuhan sunda kelapa atau yang sekarang dikenal dengan Jakarta. Saya baru tahu hal ini, bukti sejarah mengungkapkan fakta memang benar adanya Sungai Cimanuk ini pernah menjadi pelabuhan terbesar di Jawa. Lihat saja disepanjang aliran sungai cimanuk, di sisi kanan dan kiri kali cimanuk akan terlihat beberapa sisa bukti sejarahnya yaitu adanya bangunan-banguna…

Kumpul Ngeblog Komunitas Blogger X Cimanuk di Widasari Indramayu

Image
Alhamdulillah hari ini kumpul-kumpul ngeblog bersama anak-ana komunitas blogger kali cimanuk berjalan lancar. Acara ini merupakan agenda rutin diadakan setiap ada waktu luang untuk ketemuan. Pada hari ini minggu 2 November 2014 ini pembahasan yang dibicarakan adalah tentang belajar ngeblog, dan membahas sedikit tentang android.

Pada acara ini sayang sekali undangan buat anak-anak komunitas Bozary yang hadir cuma satu orang saja, padahal tadi malem udah diundang. Mungkin karena acaranya emang bentrok sama acara anak2 Bozary yaitu acara bakti sosial membangun tempat parkiran sepeda di SD NU Widasari. Tapi gak apalah, semoga nanti pada pertemuan berikutnya bisa hadir.


Pada sesi pertama seperti biasa, acara hanya diisi dengan ngobrol-ngobrol santai ngalor ngidul sembari diselingi canda tawa. Selain itu juga sharing bertanya mengenai kondisi blog masing-masing. Alhamdulillah dari beberapa cerita teman-teman udah mulai ada sedikit ngerti gambaran tentang ngeblog bagaimana dan caranya sepert…

Belajar Fotografi Amatiran Objek Ulat dan Semut

Image
Halo sob... Sore ini seperti biasanya kegiatan yg saya lakukan adalah jalan jalan menyusuri kali cimanuk menikmati kesejukan angin sore. Sambil nongkrong di pinggir kali saya memandangi alam sekeliling bumi wiralodra yang eksotik ini.
Saat tulisan ini dibuat, saya sedang duduk santai sambil jari jemari memainkan ponsel yang sudah terinstal aplikasi blogger. Jadi kapanpun dan dimanapun kalau ada inspirasi buat nulis ya tinggal ketik aja. Oya.. Disekelilingku banyak juga hewan hewan kecil yang sedang berdiam diri. Ah.. Coba saya potret.. Siapa tau hasilnya bagus. Ya iseng iseng sambil belajar fotografi ala amatiran.
Saya tertarik dengan ulat bulu yang dikelilingi semut hitam di samping saya yang sedang merangkak naik dibawa oleh segerombolan semut hitam. Ulat tersebut sudah meninggal sebelumnya, dan nampaknya sekelompok semut hitam menemukan ulat tersebut dan dibawalah ulat itu. 
Sayapun segera membidik momen ini dengan menggunakan lensa ponsel yang mempunyai resolusi 5 mega pixel. Yah…

Pameran Macam Macam Jenis Batu Akik Termahal Di Surya Toserba Jatibarang Indramayu

Image
Pameran Macam Macam Jenis Batu Akik Termahal Di Surya Toserba Jatibarang Indramayu - guntursapta.blogspot.com - Selamat sore kawan, janji saya pada update status di fb sebelumnya mengenai acara pameran batu akik yang dilaksanakan di Toserba Surya Jatibarang Indramayu inilah hasil laporan ala blogger cupu alakadarnya. Ya, acara ini diadakan dihalaman pelataran Toserba Surya Jatibarang. Saya bersama istri sekalian jalan-jalan melihat beberapa koleksi batu akik yang sedang trend dipasaran. Ane masih belum ngerti sih mengenai jenis batuan seperti macam macam batu akik yang lagi ngetrend dan termahal banyak dicari.

Antusias peserta masih bisa dikatakan sepi menurut ane. Pasalnya cuma ada dua stand saja yang mengikuti acara ini. Stand yang satu disebelah selatan berjejer batu cincin yang sudah jadi, sedangkan disebelah utara terpampang rapi batu akik yang sudah jadi dan ada sertifikat batunya dann juga batuan yang masih berupa bahan. Nah distand sebelah utara ini juga ada proses pembuatan …

Doa Pagi dan Petang

Doa Pagi dan Petang, Seringkali ketika kita bangun tidur tidak menyadari betapa pentingnya menikmati syukur dalam kehidupan yang kita dapatkan setelah terlelap dalam tidur kita. Bayangkan saja jika kita saat tidur dan tidak dapat bangun tidur alias tidurnya berkepanjangan,  berapa orang yang akan merasa kehilangan kita. Betapa pilu hati anak dan istri kita ketika melihat ayah atau suami tercinta terbujur kaku. Allahu akbar, inilah rahasia Allah Swt... untuk itulah di pagi hari ini mari kita bersama bersyukur dan berdoa masih diberikan umur panjang dengan rutin membacakandoapagidanpetang berikut ini : Sebelumnya saya update Cara Memperbaiki Pintu Rusak Triplek Terkelupas

اللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا، وَبِكَ أَمْسَيْنَا ، وَبِكَ نَحْيَا وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُورُ
Allaahum-ma bika asbahnaa wa bika amsaynaa, wa bika nahyaa wa bika namootu, wa ilaykan-nusyuur.

Artinya:  Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu pagi, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasu…

Kelemahan Tablet Advan e 1-b : Jangan Beli Tablet Ini Ya

Image
Kelemahan Tablet Advan e 1-b : Jangan Beli Tablet Ini Ya  - Halo sahabat ngeblog semua, update ngeblog saya kali ini mengenai Kelemahan Tablet Advan e 1-b. Pada beberapa waktu yang lalu sekitar 2 harian lah saya membeli tablet di salah satu gerai ponsel di Kota Jatibarang. Kondisi barangnya sih masih mulus dan bagus. Saya sebenernya ga ada niat sih mau beli tablet advan e 1 b. Namun karena tergiur dengan harga tablet advan e 1b bekas ini yang murah dan ramah dikantong, ya jadilah saya membeli gadget ini.

Harga tablet advan e 1b bekas ini dihargai cukup murah dengan harga Rp. 500. 000 saja. Saya beli tablet advan e 1b ini di toko Power Ponsel Jatibarang, toko langganan saya beli ponsel. Namun kecerobohan saya yaitu saya tidak membaca spesifikasi lengkap tablet advan e 1b. Yah namanya juga tadinya ga niat mau beli, dan niatnya cuma mau tanya-tanya saja sih. Tapi karena tergiur oleh rayuan maut mbak yang menjual tablet advan ini ya jadilah saya beli tablet advan ini.


Update Status Ngeblo…

Recommended : Penjual Sepeda Bekas di Indramayu

Image
Recommended : Penjual Sepeda Bekas di Indramayu - Sambil nungguin beli ikan bakar di warungnya yu Mumun di jembatan widasari, iseng iseng saya foto jejeran sepeda bekas yang berada diseberang jalan. Lokasi penjual sepeda bekas ini di Jalan Widasari - jatibarang sebelum jembatan cimanuk jatibarang indramayu.
Sepeda bekas indramayu yang dijual disini stoknya terbatas, hanya model-model tertentu saja. Beda dgn Sepeda baru, yang stoknya bermacam-macam. Pada pemotretan saya kali ini ada jenis sepeda antik yaitu jengki. Sepeda jengki tersebut stoknya ada 3 saat tulisan ini dibuat. Gak tau deh kalau besok, pasti udah ludes habis terjualkarena saking larisnya jualan sepeda bekas ini.
Kemudian selain itu juga ada sepeda mini ukuran 24 dan 26 yang cocok dipakai buat putri kita atau ibu-ibu rumah tangga untuk membeli sayuran ke warung terdekat disekitar rumah kita. Untuk sepeda jenis BMX yang saat ini lagi booming terlihat tidak ada di tempat ini. Ada juga masih dalam tahap renovasi atau proses p…