Acara Adat Unjungan Desa Taman Sari Blok Tegal Bedug Kec. Lelea Kab. Indramayu

Acara Unjungan Desa Taman Sari Blok Tegal Bedug Kec. Lelea - Kab. Indramayu
Acara Adat Unjungan Desa Taman Sari Blok Tegal Bedug Kec. Lelea Kab. Indramayu - Assalamualaikum pada kesempatan hari ini Jum'at tanggal 7 November 2014 update status blog guntursapta.blogspot.com meliput kegiatan budaya adat istiadat warga masyarakat Tegal Bedug. Acara ini adalah acara Unjungan desa yang biasanya diadakan setiap tahun menjelang musim hujan tiba dan untuk menyambut musim tanam padi.

Masyarakat Desa Taman Sari Blok Tegal Bedug Kec. Lelea Kab. Indramayu  mayoritas mata pencahariannya adalah dari bertani. Setiap pagi warga masyarakat melakukan kegiatan berladang di kebun, dan mengelola sawah. Pada pagi ini suasana disekitar pemakaman umum Desa Tegal Bedug ramai sekali. Tua muda, anak-anak tumpah ruah bergembira menyambut acara unjungan desa. Pada status sebelumnya yaitu Acara Sedekah Bumi Warga Desa Widasari Blok 2


Acara Unjungan ini bertujuan untuk saling bersilaturahim antar warga dan juga tahlil doa bersama di makbaroh atau pemakaman umum untuk mendoakan orang tua, sesepuh, keluarga, dan anak-anak yang telah mendahului kita.

Keramah tamahan dan sifat kegotong royongan warga membuat saya kagum, terlebih wajah lugu dan polos asli warga desa membuat saya betah berlama-lama dan mengobrol bersama para tokoh masyarakat.

Acara Adat Unjungan Desa Taman Sari Blok Tegal Bedug Kec. Lelea Kab. Indramayu

Ibu-ibu sibuk membawa tumpengan atau gunungan nasi yang lengkap dengan lauk pauk, minuman, ayam panggang dan lain sebagainya. Dari informasi yang saya peroleh dari panitia pelaksanaan Unjungan ini terkumpul ada sekitar 600 tumpeng. Alhamdulillah warga masih peduli dengan adat dan budaya desa yang diwariskan secara turun temurun ini.


Sebelum acara tahlil tiba, acara di mulai dengan kata sambutan dan intruksi dari Bpk Lebe Saefudin yang merangkap sebagai pembawa acara. Sebelum acara tahlil dimulai yang dijadwalkan jam 9 pagi, tepatnya sekitar jam 8.30 panitia sudah mulai mengumpulkan atau mengambil tumpeng-tumpeng tersebut.


Tumpeng yang diambil hanya pucuknya saja, kemudian disusul pengambilan lauk pauk, minuman, buah-buahan dan lain sebagainya. Hmmm ramai juga pikirku dalam hati, kayaknya de desaku kalah ramai ya dengan yang disini.


Acara selanjutnya yaitu Tahlilan yang berlangsung sekitar jam 9 sesuai yang direncanakan. Warga laki-laki memadati pelataran pemakaman di sisi sebelah barat. Tidak ketinggalan saya juga mengikuti prosesi acara ini. Dengan mata yang sedikit agak mengantuk dan terlelap saya harus bisa menahan kantuk ini hingga proses tahlil selesai. Dan akhirnya,.... Alhamdulillah acara tahlil selesai dan doa bersama dilakukan.


Warga yang sedari tadi menunggu selesainya acara tahlil sudah memadati lapangan yang berisikan tumpengan yang berjejer rapi. Mereka menunggu selesai tahlil dan segera mengambil tumpeng milik warga masing-masing. Wah,... ramai banget, suasana penuh canda tawa dan bahagia tampak di wajah warga Desa Tegal Bedug ini. Sungguh luar biasa khasanah budaya negeri kita Indonesia tercinta ini.


Kalau saja budaya dan adat istiadat ini di eksplor dan dipublikasikan setiap hari, maka dalam setahun bisa full saya pergi jalan-jalan menyambangi tiap desa dan kabupaten di seluruh nusantara ini. Haahaha... but it's ok, karena saya memang suka jalan-jalan dan mengunjungi tempat baru plus berinteraksi dan mengenal budaya dan istiadat masing-masing daerah.

Semoga saja cita-cita saya untuk menjadi blogger travelling bisa segera terwujud. Yah walaupun dimulai dan diawali dengan liputan di tempat sekitar kita, tidak tertutup kemungkinan nantinya bisa sampai ke seluruh wilayah Indonesia walaupun dengan anggaran dana yang terbatas. Mohon doanya ya sob,... biar cita-cita saya ini bisa terwujud.

Sebentar lagi Jum'atan nih... ane sudahi dulu kawan cerita perjalanan ane pagi hari ini. Semoga apa yang saya tuliskan bisa menambah wawasan kita terutama mengenai budaya adat istiadat di wilatah kita sendiri. Mohon maaf barangkali ada salah dalam penulisan nama dan gelar dan mohon kritikannya agar saya semakin baik dalam menulis. Terimakasih dan salam hangat dari kami berdua ( saya & istri yg selalu menemani perjalanan saya), Wassalamu'alaikum wr. wb. Viva Komunitas Blogger X Cimanuk.

Nah yang disebelah kanan ini foto ane lagi makan bersama warga desa Tegal Bedug, nyam...nyam...nyam.... Hehehe uenaaak tenan makan sama ceker ayam, kata orang tua sih rajin makan sama ceker ayam bisa membuat kita larinya cepet. Wkwkwk mungkin larinya dibantu sama si ceker tadi yang udah makan kali ye...  hehehehe

Wah.. JEMPOL nya mana nih sob... Kesuwun ya yang udah like n share status pagi ini.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel