Cerita Kali Cimanuk Indramayu Mitos Buaya Siluman

Advertisement
Cerita Kali Cimanuk Indramayu - Assalamualaikum,,.. sahabat blog guntursapta dimana saja anda berada, kesempatan kali ini ane mau bercerita beberapa mitos dan cerita tentang kali Cimanuk Indramayu. Saya sebagai warga desa Ujungaris yang lokasi rumah tepat disamping kali Cimanuk pasti tau cerita yang beredar dan turun temurun dari mulut ke mulut mengenai cerita mistis dan keangkeran kali cimanuk. Terlebih di daerah saya yaitu antara desa disepanjang sungai cimanuk dimulai dari bendungan rentang sampai ke wilayah paling ujung di kali cimanuk pas di muara kali cimanuk mempunyai cerita yang beragam.

Orang Jawa Timur dan Jawa Tengah Dilarang Mandi Di Kali Cimanuk

Ya, mitos yang kali ini saya ingin ceritakan tentang orang dari daerah selain jawa barat ( Jawa Tengah dan Jawa Timur) tidak boleh mandi di sungai cimanuk. Entah dari mana awalnya cerita ini berkembang dari masyarakat, saya hanya mengamini saja tanpa peduli kebenaran atau tidaknya.

Kata orang tua, ketika kita punya tamu atau saudara dari luar daerah khususnya daerah jawa bagian timur tidak boleh mandi di sungai cimanuk. Konon katanya kalau hal ini dilanggar dikhawatirkan akan terjadi celaka terhadap orang tersebut. Cerita yang dikaitkan antara Jaka Bajul ini mitosnya jika ada orang jawa timur mandi disungai cimanuk dia akan tenggelam dan terseret masuk ke dalam Kali Cimanuk, ini adalah ulah dari Buaya-buaya siluman yang menghuni di Sungai Cimanuk Indramayu. Bahkan tidak hanya mandinya saja, mereka orang jawa timur yang melintas dengan memakai perahupun biasanya akan tenggelam seperti perahu yang oleng dan terbalik bisa saja terjadi.


Beberapa teman saya yang dari luar daerah Indramayu juga mengamini cerita ini sudah beredar dan mengakar luas di masyarakat. Walaupun mitos mereka mempercayai dengan kebenaran cerita ini. Pernah ya, dulu sekitar tahun 2000 an kali ya saya udah agak lupa. Waktu itu saya suka mandi di sungai Cimanuk Indramayu tepatnya di bawah Jembatan kali cimanuk antara widasari Jatibarang. Kebiasaan masyarakat sekitar Widasari ketika menjelang musim kemarau tiba pasti mandinya di kali cimanuk.

Nah kebetulan saya waktu itu masih tinggal di widasari maka saya juga ikut terbiasa mandi di sungai cimanuk. Suasananya ramai, meriah dan banyak sekali anak-anak, remaja, gadis, orang tua tumpah ruah kumpul jadi satu mandi bersama di sore hari. Nah waktu itu ada kejadian aneh yang sampai saat ini masih membekas dalam ingatan saya.
peta-cirebon-sindangkasih-raffles-1817


Ada seorang gadis yang tiba-tiba terseret tenggelam kedalam sungai ketika berenang, padahal dia bisa berenang, dan kondisi waktu itu memang ramai juga. Singkat kata gadis itu masih bisa terselamatkan walaupun sempat tenggelam dan bisa diangkat dibawa pulang. Sontak kejadian ini menggegerkan warga desa.

Sesampainya dirumah dia merasa ketakutan dan meracau tidak karuan, dia ketakutan dengan sangat hebat. Dari wawancara obrolan antara si gadis dengan orang tuanya konon dia merasa diajak ikut ke suatu istana dibawah air. Suasana istana dalam air Kali Cimanuk sangat megah dan dia diajak menikah oleh salah seorang penghuni istana yang konon katanya itu merupakan perwujudan dari sosok Buaya tamu yang datang dari tempat selain kali cimanuk.

Memang sosok buaya siluman di kali cimanuk merupakan mitos yang sudah biasa saya denger. Nah karena trauma itu si gadis menjadi seperti orang kebingungan, sampai saat ini si gadis tersebut kalau dihadapkan dengan sosok boneka dengan bentuk seperti buaya saja sudah ketakutan luar biasa, dan kini dia sepertinya masih mengalami trauma tersebut. Sudah banyak orang pintar yang mencoba menyembuhkannya.

Cerita ini saya cukupkan saja dulu ya, mengenai kebenaran mitos dan fakta tentang cerita kali cimanuk ini hanya Allah saja yang tahu. Tetapi sebagai warga desa yang dekat dengan Kali Cimanuk saya mempercayai adanya mitos tersebut, karena memang kejadian-kejadian itu pernah terjadi dan sayapun melihatnya sendiri. Namun itu semua menjadikan hikmah dibalik semua cerita dan peristiwa kali cimanuk ini. Kita sebagai manusia biasa senantiasa meminta dan memohon untuk diberikan perlindungan oleh Allah SWT atas segala macam bahaya yang bisa saja akan mengintai kita. Terimakasih sudah membaca Cerita Kali Cimanuk Indramayu
Advertisement

Comments

  1. Sekitaran Umur berapa tahun tuh kang anak gadis nya jaman2 tahun 2000..

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.

Popular posts from this blog

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Setelah Begadang

Biografi Nagita Slavina Biodata dan Keluarga Lengkap

Harga Sepeda Fixie United Soloist 71 Baru dan Bekas TOKO DUNIA SEPEDA