Tips Memilih Sepatu Yang Pas Untuk Mencegah Datang Cedera Kaki Saat Berlari

Tips Memilih Sepatu Yang Pas Untuk Mencegah Datang Cedera Kaki Saat Berlari - Cara berlari itu dapat menjadi sebuah olahraga alternatif terhadap mereka-mereka yang jarang sekali memiliki waktu buat pergi ke sebuah pusat kebugaran. Walau terlihat sangat mudah jika untuk dilakukan, serta berbagai macam peralatan penunjangnya, dan juga termasuk media seperti sepatu lari itu haruslah memakai sepatu yang sekiranya aman, nyaman serta harus memenuhi standar. Karena jika salah dalam memilah sebuah sepatu, maka bukan badan sehat yang anda dapatkan, namun anda akan mendapatkan risiko kedatangan cedera kaki saat berlari. Lalu, seperti apa kita memilah sebuah sepatu lari yang baik dan nyaman dipakai?
tips pilih sepatu lari
Tips pilih sepatu lari


Salah satu seorang ahli kesehatan yakni Dr Michael Triangto SpKO pernah mengatakan, memang sepatu lari umumnya sengaja dirancang khusus buat berlari, dikarenakan sepatu lari sengaja sudah disesuaikan sama kegunaannya yang khusus buat berlari. Sepatu lari sudah banyak macam bentuknya dan bahkan sekarang kini masyarakat sudah dengan mudahnya mendapati sepatu lari tersebut di pusat perbelanjaan seperti mall-mall dan toko-toko terdekat anda. Hanya saja kitanya yang harus bisa selektif dalam memilih sebuah sepatu lari.

Jika anda memilih sebuah sepatu lari yang tepat, maka sebaiknya anda sesuaikan sepatu tersebut dengan keadaan bentuk kaki anda sendiri, dan yang terutama bagian dari atas kaki soalnya sangat berpengaruh pada pola dari gerakan anda dalam berlari. Dr Michael yang setiap harinya selalu praktek di sebuah RSM (Rumah Sakit Mitra) ini yang tempatnya di Kemayoran telah menjelaskan, bahwa telapak kaki semua manusia itu bentuknya sangat berbeda-beda. Ada orang yang kakinya datar, ada juga yang normal, dan juga ada loh yang kakinya memiliki lengkungan yang tinggi.

"Dengan telapak kaki manusia yang berbeda-beda bentuk, maka sebaiknya anda atau kalian pilihlah sepatu lari yang baik dengan cara insole atau juga alas kaki di bagian yang dalamnya harus sesuai sama kondisi kaki sendiri", Ujar pria yang berkelahiran 28 Oktober tersebut saat berbincang sama Wolipop yang melalui telepon, Selasa (28 | 10 | 2014).

Dan ia juga pernah menyarankan, Buat para pecinta olahraga berlari jika mempunyai telapak kaki yang bermasalah, maka sebaiknya anda harus dahulu melalui pemeriksaan dari dokter dan tanyakan bagaimana cara menggunakan insole yang baik buat digunakan kaki anda secara khusus.

Dan masih ada satu dokter yang pernah menyarankan lagi mengenai sepatu lari yaitu Dr Phaidon L Toruan, sebut saja MM yang selaku pelatih dari kesehatan serta anti aging lifestylist. Beliau menyarankan bahwa seseorang untuk bisa memilih sebuah sepatu lari dengan sesuai kenyamanan pada anatomi kaki. Tentunya sebaiknya jika anda sedang ingin membeli sepatu lari maka cobalah dahulu sebelum anda membelinya. Tak harus bergantung sama merk atau label serta warna yang ada di sepatu tersebut, kita pilih sepatu yang asal bisa nyaman saja dikaki pada saat dipakai.

Dan bahkan dokter yang hobinya suka berenang tersebut ikut memberikan saran atau tips mengenai cara memilih sepatu lari yang pas atau tepat. "Dalam mencoba berlari dengan memakai sepatu lari sebaiknya usahakan anda berlari pada sore hari atau juga bisa dimalam hari, soalnya kaki itu lebih bisa mengembang dengan maksimal  pada saat berlari supaya tak terlalu menyempit", penjelasannya dalam waktu wawancara sama Wolipop lewat via e-mail, Rabu ( 29 | 10 | 2014 ).

Kemudian, beliau juga menambahkan bahwa untuk mengevaluasi pada sebuah sepatu lari dengan secara objektif ketika setelah dipakai. "Cobalah anda agar jalan dengan cepat atau juga bisa berlari ditempat selama beberapa waktu menit saja, dan rasakanlah hasilnya apakah sebuah sepatu tersebut memang benar-benar sangan nyaman untuk dipakai maupun malah menjadi telapak kaki merasakan dampak sakitnya", ujarnya disaat akhir perbincangannya.

Nah, usai sudah informasi mengenai Tips Memilih Sepatu Yang Pas Untuk Mencegah Datang Cedera Kaki Saat Berlari, kali ini kami tutup saja dan mungkin dilain informasi kita dapat berjumpa kembali, dan juga kami mengucapkan terima kasih banyak sudah sudi mengunjungi informasi ini. Baca juga Tips Supaya Tetap Fit Walau Lelah
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel