Cara Membuat Air Terjun Waterfall Dinding Kaca

Advertisement
Cara Membuat Air Terjun Waterfall Dinding Kaca - Pernah pada beberapa waktu lalu ketika saya ikut bekerja di rias pengantin sebagai dekorasi pengantin milik ibu saya,  ada model gebyog pengantin yang mempunyai latar belakang seperti air mengalir di belakang tembok yg bergelombang. Gemericik air yang mengalir dari atas kebawah terlihat sangat syahdu mengalun mengiringi kebahagiaan sepasang pengantin yang sedang bersanding duduk di pelaminan. Saya baru kepikiran bagaimana kalau update blog saya kali ini membahas tentang cara membuat air terjun yang mengalir di balik kaca tersebut, nah seperti apa kelanjutan cara membuat kaca air ini?

Membuat Dinding Kaca Air Terjun

Gemericik suara air yang berada dalam kaca air yang kita tempatkan pasti akan menambah suasana asri alami dan sejuk. Serasa berada dipegunungan sepertinya... hmmmm udah sejuk, dingin, nyaman lagi. Wahhhh sempurna banget Allah memberikan kenikmatan hidup ini. Tampilan gemericik air yang senantiasa akan selalu hilir mudik diatas kaca yang semi transparan ini pasti akan menambah suasana romantis.



Membuat kaca air terjun ini sebetulnya gampang susah. Kita bisa membuatnya sendiri walaupun tanpa bantuan ahli tukang professional, tapi lebih bagusnya sih didampingi sama tukang yang ahli. Pada pembuatan air kaca ini yang harus diperhatikan adalah kita harus bisa teliti agar tidak terjadi kebocoran pada tiap sambungan pipa supaya tidak tercecer air rembesannya ke ruangan yang lain.

Bahan dan Alat :
  • Talang atau Fiber, bisa juga menggunakan pipa PVC
  • Pipa PVC dengan ukuran 1/2 inch atau 3/4 inch.
  • Kayu, lem, pompa kecil, dinabol atau fisher.
  • Bor untuk melubangi pipa

Cara Membuat Kaca Air Terjun :

1. Siapkan Wadah Penampungan ( Selokan buatan)
Boboklah dinding jendela bagian bawah sedikit saja yang sekiranya bisa untuk memasang gutter atau selokan yg terbuat dari bahan talang atau fiber. Selokan yang berada dibawah ini fungsinya adalah sebagai tempat menampung air yang dari atas dan kemudian akan naik lagi dengan bantuan pompa air kecil.


2. Mengukur Pipa Paralon
Langkah selanjutnya yaitu mengukur pipa paralon yang disesuaikan dengan panjang kaca jendela yg akan kita pasangi air mancur ini. Lobangi pipa yang akan kita gunakan sebagai tempat aliran air pada bagian atas. Untuk cara melubanginya bisa menggunakan bor listrik atau paku yang dipanaskan. Posisi lubang harus diperhatikan, karena semakin rapat jarak lubangnya maka air yang dikeluarkan akan makin banyak.
Ukuran lubangnya sendiri harus disesuaikan juga dgn tingkat derasnya air yg ingin dihasilkan. Kalau lubangnya kecil,  maka aliran air akan semakin pelan.
3. Menempelkan Pipa Pada Dinding

Langkah berikutnya adalah menempelkan pipa yg sudah dilubangi tadi pada sisi bagian atas dinding dan ditempelkan dgn klem besi atau seng jg bisa. Arahkan lubang pipa ke arah kaca jendela dengan posisi miring.
4. Memasang Pompa Air
Letakkan pompa dibagian bawah selokan yg terbuat dari talang pada posisi ditengah selokan. Hal ini supaya tekanan alira air bisa sama kuatnya. Pasangkan pipa bentuk T pada lubanh pompa dan sambungkan pipa T itu dgn dua pipa panjang yang sudah kita sambungkan dgn pipa atas yg berlubang.

5. Finishing
Jika pipa sudah terpasang dengan sempurna dan baik,  maka untuk mempercantik tampilannya tutuplah menggunakan frame kayu supaya jendela tetap terlihat artistik.

Langkah terakhir jangan lupa mengisi selokan bawah dengan air bersih sampai kira-kira penuh. Nyalakan pompa dan lihatlah air terjun kecil buatan kita sudah mulai mengaliri kaca jendela kita dengan indah. Selamat mencoba.

Selesai sudah tutorial membuat hiasan air terjun kaca dengan mudah ini., semoga bisa menambah cantik ruangan interior kita. Membuat dinding air terjun kaca ini bahannya mudah kita dapatkan disekitar kita. Perlu ketelitian dan ketekunan dalam mengerjakan proyek ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel saya dengan judul Cara Membuat Air Terjun Waterfall Dinding Kaca.
Advertisement

Comments


  1. sangat bagus dan mudah dipelajari yg saya tanyakan berapa wat pompa airnya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

Berkomentar sesuai dengan tema atau judul postingan akan saya tampilkan. Sebaiknya jangan menyisipkan live link ya, naked url aja.. Tengkyu bro atas perhatiannya.

Popular posts from this blog

Tips Agar Tubuh Tetap Bugar Setelah Begadang

Biografi Nagita Slavina Biodata dan Keluarga Lengkap

Harga Sepeda Fixie United Soloist 71 Baru dan Bekas TOKO DUNIA SEPEDA