Objek Wisata Karangsong Indramayu Menyusuri Hutan Mangrove Yang Masih Asri

Beberapa bulan belakangan ini lokasi wisata hutan mangrove di Karangsong Kabupaten Indramayu seolah menjadi daya magnet yang luar biasa. Banyak sekali wisatawan lokal yang berasal dari Indramayu sendiri mengunjungi pesisir pantai karangsong sambil menikmati indahnya hutan mangrove dengan menaiki perahu kecil, dan tidak lupa juga sambil foto selfie.

Salah satunya adalah kawan saya yaitu Keluarga Bapak Ahmad, beliau bersama keluarga beberapa hari yang lalu berlibur bersama istri dan anak-anak tercintanya menyusuri keindahan hutan mangrove di pantai karangsong Indramayu. Sambil menaiki perahu kecil, dan menyusuri sungai kecil yang dikanan kirinya tertata rapi rimbun pohon mangrove, kita bisa mengedukasi anak-anak kita betapa pentingnya menjaga kelestarian hutan bakau atau mangrove ini.

Obyek Wisata Pantai Karangsong Indramayu


Hutan mangrove ini bisa berfungsi sebagai pelindungi dari ganasnya ombak laut yang tentunya bisa mengikis daratan disekitar bibir pantai. Sebagai contoh saja, Pantai Eretan sudah beberapa meter hilang akibat abrasi ganasnya ombak laut utara. Saat ini bibir pantai di Eretan sudah terpasang pondasi bebatuan untuk mengantisipasi abrasi gelombang laut. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kondisi pantai kita, sebagai generasi Indramayu kita sudah sepatutnya menggandeng pemerintah untuk merevitalisasi pantai-pantai di pesisir Indramayu untuk ditanami Pohon bakau.


Selain untuk menjaga keutuhan bibir pantai, hal ini juga bisa berdampak pada peningkatan potensi wisata di Indramayu. Memang, pemerintah kita masih memandang sebelah mata akan pentingnya wisata. Bisnis objek di wisata masih dianggap masih terlalu kurang memiliki "cuan" yang berarti, padahal jika bisa kita optimalkan melalui promosi baik itu melalui media sosial maupun eletronik dan program-program terpadu lainnya tidak mustahil iklim pariwisata di Kab. Indramayu akan maju.

Kembali lagi ke pembicaraan Objek wisata Karangsong Indramayu. Hutan Mangrove di kawasan Pantai Karangsong ini dikabarkan merupakan yang paling terbesar khususnya untuk wilayah lokal Kabupaten Indramayu. Ketika kita menyusuri sepanjang jalan menuju pantai karangsong, kita akan melihat beberapa aktivitas para nelayan seperti nelayan sedang membuat perahu, membuat jaring, dan ada beberapa yang sedang melakukan proses pengolahan ikan.


Pantai Karangsong ini dijadikan sebagai kawasan Ekowisata didukung oleh Pertamina sejak tahun 2010 silam. Hutan Mangrove di Pantai Karangsong ini selain untuk melestarikan lingkungan juga sangat membantu pendapatan perekonomian warga sekitar Karangsong. Salah satunya adalah jasa ojek perahu, dengan hanya membayar Rp. 10.000 setiap orang, kita akan dibawa menyusuri indahnya hutan bakau Karangsong Indramayu ini.


Rute Alamat Obyek Wisata Hutan Mangrove Karangsong Indramayu

Untuk anda yang akan berkunjung ke obyek wisata Karangsong Indramayu ini anda bisa ambil patokan dari bunderan kijang Indramayu. Kalau anda sudah berada di bunderan Kijang, maka arahkan kendaraan menuju kearah utara ke desa Karangsong. Ikuti saja jalan yang menuju Desa karangsong ini hingga ke bagian yang paling ujung sekali dan anda akan mendapatkan gapura yang bertuliskan "Selamat Datang di Wisata Pantai Song Indah Desa Karangsong". Nah kalau sudah sampai sini, berarti anda sudah sampai.

Silahkan parkirkan kendaraan anda di tempat yang nyaman dan aman. Sedikit tips nih, untuk anda yang berlibur ke Pantai Karangsong ini jangan lupa bawa lotion anti nyamuk, karena daerah hutan bakau yang memiliki rawa-rawa dan masih alami tentunya masih banyak sekali serangga dan nyamuk.

Terimakasih saya ucapkan buat Keluarga Bapak Ahmad Nasrullah yang telah mengizinkan saya untuk mempublikasikan foto liburan bersama Istri dan anak-anaknya. Semoga semuanya diberikan kesehatan dan rizki yang melimpah. Dan semoga anak-anak Yatim yang berada dalam naungan beliau senantiasa terjaga dengan baik. Semoga Allah selalu memberikan yang terbaik dan dimudahkan segala urusannya untuk Keluarga Bapak Ahmad Nasrullah ini.

Nah sahabatku semuanya, itu saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kal ini mengulas tentang tempat wisata kabupaten Indramayu khususnya Pantai Karangsong Indramayu. Sebetulnya masih banyak juga tempat wisata bahari lainnya seperti Pantai Glayem, Pantai Tirtamaya, Pantai Eretan dan yang paling terkenal tapi masih minim promosi adalah Pulau Biawak.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel