Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar

Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar - Selamat malam rekan sehat semuanya, sudah lama saya tidak update di blog pribadi saya ini dan saya ingin menyapa kalian semua dengan ucapan.."Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan di tahun 2016 ini". Semoga amal ibadah puasa kita semua diterima oleh Allah SWT. Nah kesempatan update malam ini saya akan membahas tentang "tips berpuasa pasien diabetes agar tetap lancar". Karena puasa di bulan ramadhan ini hukumnya wajib, maka untuk pasien diabetes juga disarankan untuk berpuasa namun harus tetap menjaga asupan makanan. Sebab nantinya jika asupan makanan tidak terkontrol akan mengakibatkan kadar gula darah akan menjadi naik.

Tips puasa untuk diabetes
ini saya kutip dari lamannya detik health. Menurut dr Em Yunir, SpPD-KEMD, Kepala Divisi Departemen Endokrinologi dan Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universita Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo. Untuk pasien dengan riwayat penyakit diabetes atau kencing manis itu sebetulnya semua makanan boleh dikonsumsi kecuali makanan yang mengandung banyak tinggi karbohidrat dan gula. Kalau jenis makanan ini tidak dipantangi maka resikonya gula darah akan meningkat.

Gambar Berkaitan Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar

Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes

Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes


Penting juga untuk pasien diabetes menghitung jumlah kebutuhan kalori setiap harinya yang diperbolehkan untuk dia konsumsi. Sebagai contoh saja ya, untuk anda yang tinggi badannya sekitar 150 cm, maka tingkat kebutuhan dari kalori setiap harinya itu sekitar 1500 kalori. Jadi dengan mengetahui jumlah kebutuhan asupan kalori tiap hari kita bisa mengontrol asupan makanan yang dibutuhkan oleh pasien diabetes tiap harinya agar nantinya jangan kelebihan kalori dan efeknya tidak baik untuk tubuh.

Artikel Lain Berkaitan Dengan Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar

Gejala diabetes Pada Anak, Beginilah Cara Mendeteksinya
Gejala diabetes Pada Anak, Beginilah Cara Mendeteksinya - Anak akan selalu terlihat ceria dengan sen...

Waspadai Reaksi Diet Detoks Mengancam Tubuh Anda
Reaksi diet detoks bisa beragam, jika anda adalah pemula yang baru saja mencoba menjalankan diet det...


Tahukah anda, pada saat menjelang buka puasa tiba itu biasanya asupan kalori yang masuk ketubuh bisa mencapai hingga 2000 kalori. Nah tadi kan sudah dihitung kebutuhan kalorinya sekitar 1500 kalori dan ini lebih 500 kalori. Nah dari kelebihan 500 kalori inilah tubuh tidak bisa mengelolanya dan akibatnya gula darah pasien diabetes akan meningkat.

Selain dari pola makan, pasien diabetes juga perlu tahu bagaimana cara minum obat diabetes selama puasa yang baik dan benar. Nah untuk itulah, anda harus konsultasikan terlabih dahulu dengan dokter langganan anda yang terdekat.Jadi, ketika anda hendak melaksanakan ibadah puasa ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter anda.

Nanti juga dokter akan memberikan obat apa saja yang akan dikonsumsi selama bulan ramadhan ini. Pasalnya juga ada aturan minumnya yang berbeda, ada obat yang diminum saat sahur, ada obat yang diminum juga saat berbuka puasa. Namun selain itu juga ada obat yang harus diminum sehari tiga kali. nah bagaimana ini cara minumnya sedangkan kita saat ini sedang menjalankan ibadah puasa.

Cara minum obat diabetes saat puasa ini khusus yang 3 kali sehari bisa diganti dengan cara minumnya yaitu pada saat sahur, saat buka puasa, dan sebelum tidur. Sebagai contoh saja, jika anda biasanya tidur jam 11 malam, maka usahakan sebelumnya segera minum obatnya. Nah mudah bukan caranya untuk Tips Berpuasa Untuk Penderita Diabetes Agar Lancar. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua terutama bagi sahabatku juragan semuanya yang sedang mengalami ujian sakit diabetes melitus atau kencing manis ini. Terimakasih dan salam sehat semuanya.
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel