Mencari Target Konsumen Potensial di Facebook

Mencari Target Konsumen Potensial di Facebook - Saya Mau Jualan Online, Tapi Saya Masih Belum Tau Apa dan Bagaimana Caranya ??? Ketika kita hendak memulai usaha untuk berjualan di internet, kadangkala kita dihadapkan pada pilihan mau jualan apa kita di internet. Peluang untuk berjualan di internet sangat terbuka lebar, apapun itu produknya bisa sangat laku melalui media internet. Namun bisa jadi malah tidak laku dan akhirnya kita menyerah ditengah jalan. Oke, saya bukan ahli dibidang bisnis online ataupun ahli dibidang internet. Saya cuma user biasa yang sehari-hari juga aktif berjualan di Internet.

Jualan di Internet bisa menggunakan berbagai macam media, seperti jualan via facebook, twitter, path, pinterest, blog, website dan lain sabagainya. Sebelum kita melangkah menggunakan media-media tersebut alangkah baiknya kita menentukan mapping bisnis kita lebih dulu. Apa itu mapping ? kalo diibaratkan mapping itu seperti diagram atau alur sebuah strategi bisnis. Contoh sederhananya adalah, kita mau jualan apa ? maka kita harus memvisualisasikannya dalam bentuk tulisan atau gambar.

Kita bisa berjualan baju, obat, barang elektronik, makanan tradisional, oleh-oleh dan lainn sebagainya. Nah misalnya kita ingin berjualan produk kesehatan, contoh ini juga yang sedang saya kerjakan setiap harinya. Maka kita harus mempersiapkan alurnya yaitu kita bisa persiapkan siapa konsumen kita ? dari kalangan apa ? rentang usia berapa ? nah kalau sudah ketemu hal-hal yang kelihatannya sepele maka kita bisa melangkah ke mapping berikutnya yaitu melakukan promosi. Sebelumnya saya juga menuliskan bisnis online saya yg sedang naik dengan judul postingan Orderan Toko Herbal Lagi Naik Pesat

Promosi Tertarget Dengan Facebook

 

Kalau gak mau repot dengan urusan mencari konsumen yang tertarget mendingan sahabat mencoba cari target dengan fbads. Saya kurang ngerti sama fb ads, yang saya gunakan hanya mencari target secara manual. Dengan sedikit eh.. banyak susah payah diawalnya tapi akan berbuah manis diakhirnya. Konversi penjualan dari facebook cukup besar jika saya bandingkan dari blog atau web.

Langsung aja ke pokok permasalahan ya, sebelum kita membuat atau jualan, ada baiknya kita mencari teman-teman facebook yang sekiranya potensial untuk jadi calon pembeli. Cara ini memang tidak otomatis dalam artian kita diharuskan mencari teman sebanyak-banyaknya dan tidak autopilot.  Balik lagi ke pokok pembahasan, anda ubah dulu bahasa facebook anda menjadi bahasa Inggris, hal ini berguna untuk mencari ... apa yah namanya... saya lupa. Pokoke nanti kalau udah di setting ke english maka sobat bisa langsung cari target audiense yaitu dengan cara klik pada search fb, kemudian kita tuliskan "People Who Like bla bla bla" nah yang bla bla ini kita tulis dengan target kita yang sesuai dengan produk yang akan kita jual. Kalau kita mau jualan ponsel maka coba saja "People Who Like Nokia" misalnya atau bisa juga yang lainnya.


Nah kalau sudah ketemu nanti kita bisa sortir lagi menurut gender, status pernikahan lokasi dan lain sebagainya. Ini sangat penting untuk menjaring calon konsumen kita. Kalau pengalaman saya sih yang notabene jualan produk kesehatan wanita maka saya akan menyortir gender female atau wanita dan yang sudah menikah, karena kalau yang sudah menikah berarti dia udah punya duit sendiri..hehehe... ini cuma analisa saya aja, ga tau kalau yg lain. Kalau kita sudah dapet targetnya maka silahkan di add pertemanannya.


Sudah Nge Add Pertemanan Sesuai Target, Apa Lagi Yg Harus Dilakukan ?

Yup, cerdas banget pertanyaan anda. Nah kalau sudah menjadi teman kita, pelihara baik-baik  (hiks hiks hiks kayak tanaman ajah..) dan jalin komunikasi dan persahabatan dengan baik. Yang terpenting lagi adalah kini saatnya kita bikin halaman facebook yang sesuai dengan produk yang akan kita jual. Contoh jika produk kita produk kesehatan maka bikin fans page yang sesuai dengan tema, kita bisa bikin fanspage dengan nama Info Sehat atau apalah namanya.

Melengkapi Informasi Fans Page Facebook

Jika kita sudah bisa membangun facebook atas nama produk kita jangan lupa untuk melengkapi informasi produk anda, seperti apa gambaran dari produk yang akan anda jual. Alamat lengkap anda juga perlu dicantumkan untuk menambah tingkat kepercayaan calon pembeli. Tambahkan juga kontak person yang bisa dengan mudah menghubungi kita, anda bisa cantumkan nomor hape untuk sms, telpon, whatsapp, Line, Pin BB, dan lain sebagainya agar tercipta kemudahan si calon pembeli ketika akan menghubungi anda.

Sediakan minimal 1 rekening bank untuk proses transaksi transfer dana konsumen ke anda. Sebaiknya semua bank harus anda miliki agar ketika pembeli menanyakan bank tertentu anda sudah bisa mangatasinya karena semua bank anda punya.

Okey brow sudah selesai melengkapi data-data keperluan fans page, maka langkah selanjutnya adalah postingan. Seperti apa postingannya ? tentunya yang berkaitan dengan halaman dan produk yang kita promosikan. Hati - hati jangan terlalu sering promosi mentah-mentah produk kita pada fans page yang masih baru. Usahakan kita mencari liker terlebih dahulu, amati postingan seperti apa yang teman-teman targeting kita sukai. Nah posting pada jam tertentu juga penting untuk kita ketahui. Lakukan potingan secara terjadwal dan tertarget.

Kapan Posting Status Fans Page FB Yang Baik ?

Postingan bisa gambar saja, gambar dan tulisan, tulisan saja, atau bisa dengan link ke web atau blog kita. Kita harus bisa tahu jam-jam berapa liker kita online, hal ini untuk menambah engage atau jangkauan dari status fp yang kita buat. Kalau jangkauannya luas itu artinya sudah banyak yang membaca postingan anda dan kemungkinan mereka untuk cari tahu produk anda akan lebih mungkin terjadi.


Posting yang baik bisa dilakukan pada jam 8 pagi - 9 pagi, jam 11.00 - 12.00 siang. Selanjutnya posting pada jam 4 sore, kemudian jam 6 sore dan jam 8 malam. biasanya pada jam-jam tersebut liker fanspage kita lg pada nongkrong di facebook. Oya, untuk postingan kita bisa menjadwalkannya agar semi otomatis. Untuk lebih akurat mencari tahu kapan waktu terbaik untuk posting, anda bisa carii tahu laporan fans page anda pada tab menu wawasan. Namun syarat kita bisa tahu tab menu wawasan harus memiliki minimal 30 likes.


Wis ngantuk kih cah,... matane wis limang wat. Padahal masih jam 8:17 malem. Oke itu tadi yang bisa saya sampaikan, kurang dan lebihnya mohon maaf karena ane bukan pakar dibidang efbe atau bisnis online, hanya sekedar ingin berbagi cerita saja, siapa tau ini bermanfaat bagi teman-teman yang belum tahu. Terimakasih sudah baca Mencari Target Konsumen Potensial di Facebook Hoaaaamm... ngantuk berat cah.. zzz
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel