Bahaya Kelamaan Di Depan Layar Komputer Bikin Mata Menjadi Kering Dan Iritasi

Bahaya Kelamaan Di Depan Layar Komputer Bikin Mata Menjadi Kering Dan Iritasi - Kerja kantoran memang sangat beresiko dapat menimbulkan sejumlah permasalahan kesehatan tubuh. Selain karena duduk dalam seharian, kebanyakan orang menghabiskan seluruh waktunya untuk berjam-jam dalam menatap sebuah layar kaca komputer. Update blog saya sebelumnya adalah 10 Alasan Bahaya Mengkonsumsi Makan Mie Instan
Bahaya Kelamaan Di Depan Layar Komputer Bikin Mata Menjadi Kering Dan Iritasi


Kesimpulan tersebut telah diperoleh saat setelah para peneliti berasal dari "School of Medicine" Keio University telah mengamati pada cairan mata (mata air) dari jumlah orang 96 pekerja kantoran yang bekerja di negara Jepang dan juga mengukur berapa banyakah jumlah sebuah protein seperti MUC5AC tersebut yang terkandung didalam air mata semua orang tersebut.

Protein MUC5AC tersebut adalah protein yang bisa dilepaskan sel-sel pada kelopak mata atas serta bisa membentuk sebuah lapisan lendir supaya mata tetap selalu lembab. Masing-masing dari para partisipan pun diminta untuk mengisi sebuah kuesioner yang mengenai jam kerja serta gejala seperti gangguan mata apa saja yang telah dialaminya.

Hasilnya hanya 7% para partisipan pria dan juga 14% partisipan para wanita yang didiagnosis tengah mengidap sebuah penyakit mata yang kering, dengan gejala yang terkadang sering dikeluhkan oleh mereka ialah diantaranya seperti iritasi, dan timbul sensasi terbakar atau juga penglihatan mata menjadi buram.

Rata-rata para partisipan telah bekerja didepan layar komputer selama lebih dari 8 jam, yang mana jumlah protein yang ia miliki berjumlah MUC5AC sekitar 6,8 nanogram dalam per miligram protein dalam tiap mata. Namun perbedaan jumlahnya protein tersebut pada anggota partisipan yang hanya bekerja selama 7 jam saja yang kurang dari 5 jam sangat cukup signifikan.

Hal tersebut karena jumlah pada protein para partisipan yang bekerja 7 jam bisa mencapai 5,9 nanogram/mg, padahal untuk partisipan yang bekerjanya dibawah dari 5 jam jumlah pada proteinnya hanya mencapai 9,6 nangram/mg.

Jumlah protein tersebut telah mendekati jumlah protein bagi penderita mata yang kering, rata-rata mereka hanya memiliki sebanyak protein 3,5 nangram/mg. Sedangkan untuk orang yang mempunyai kedua matanya normal, jumlah protein yang ia miliki sebanyak 8,2 nanogram/mg.

"Apalagi saat anda terus-terusan menatap layar komputer, jumlah kedipan dari mata anda pun akan menurun. Berbeda jika membaca sesuatu buku yang diatas meja", ujar pakar peneliti Dr Yuichi Uchino yang telah dilansir oleh Reuters pada hari Kamis tanggal 19 Juni tahun 2014.

Selain itu juga, ketika menatap layar komputer seseorang tentunya harus membuka sebuah kelopak matanya dengan selebar-lebarnya, dan bahkan terkadang lebih lebar ketimbang saat melakukan sebuah aktifitas yang lainnya. "Permukaan ekstra yang sangat terbuka tersebut bisa mempercepat evaporasi maupun penguapan pada mata yang sangat erat kaitannya sama penyakit mata yang kering", ujar Dr Uchino.

Disadari oleh Dr Uchino, gangguan mata tersebut pun akan bisa membuat semua para pekerja akan kurang produktif serta rentan dengan depresi.

Lantas bagaimana dong cara mengatasinya? dan inilah cara untuk mencegah penyakit mata yang kekeringan bagi para pekerja kantoran.
posisi nyaman kerja didepan komputer
posisi nyaman dan sehat kerja didepan komputer

  1. Menurunkan monitor, dengan posisi layarnya agak mendongkak keatas.
  2. Kantor sebaiknya anda lengkapi sama alat pengatur suhu kelembaban udara serta hindari juga meja kerja yang posisinya langsung dilewati oleh angin yang tengah keluar dari mesin AC.
  3. Sering berkedip serta rutin memakai sebuah air mata buatan atau tetes mata pelicin buat mengobati mata anda yang kering serta iritasi yang dikarenakan produksi air matanya telah menurun.
  4. Bila gejala tidak juga kunjung menghilang, maka segeralah konsultasikan ke dokter.

Nah, itulah informasi tentang Bahaya Kelamaan Di Depan Layar Komputer Bikin Mata Menjadi Kering Dan Iritasi , semoga informasi tersebut dapat bermanfaat buat semua pengunjung blog saya ini. Baca juga tips sehat lainnya yaitu Pertolongan Pertama Penanganan Luka Bakar
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel