Perbaikan Tanggul Kali Cimanuk Jebol Akibat Banjir di Indramayu

Semangat pagi kawan-kawan pengunjung setia blog ane yang baik hatinya. Pagi ini saya dapat kabar dari teman, namanya Kang Angga alias Ang Gatot kalau tanggul kali cimanuk di widasari sedang diperbaiki. Sayapun segera bergegas menuju ke TKP untuk melihat proses perbaikan tanggul cimanuk.  Ternyata benar juga, ada satu alat berat beko sedang mengeruk tanah disekitar tanggul kali cimanuk yang amblas dan longsor akibat abrasi air cimanuk. Masih menyambung kejadian beberapa minggu kemarin tentang banjir kali cimanuk 2015 ini nampaknya mendapat respon positif dari pihak terkait.

Foto Proses Perbaikan Tanggul Kali Cimanuk di Widasari Blok Dua


Alhamdulillah, akhirnya diperbaiki juga setelah sekian tahun kondisi tanggul disekitar Widasari blok dua ini terbengkalai tanpa sentuhan perbaikan dari pihak terkait. Kondisi rusaknya tanggul di widasari ini sudah lama bertahun-tahun yang lalu sudah longsor dan amblas. Kondisi terakhir yang saya lihat, tanah tanggul cimanuk ini sudah sangat memprihatinkan dan mulai terlihat Tanggul beton yang menyangga tanggul kali cimanuk. Kalau kondisi ini dibiarkan berlarut-larut tidak tertutup kemungkinan pada saat terjadi banjir lebih besar lagi akan mampu merobohkan tanggul beton ini dan akan menenggelamkan perumahan warga di desa Widasari Blok Dua seperti yang terjadi pada banjir kali Cimanuk minggu lalu yang mengakibatkan jebolnya tanggul Cimanuk di wilayah Pilangsari Jatibarang Indramayu.

Berikut ini Video Proses Perbaikan Kali Cimanuk



Semoga setelah perbaikan tanggul Cimanuk di Widasari bisa beralih pada perbaikan tanggul di desa Kongsi Jaya Blok Tarilah Gang Mawar yang berdekatan dengan kediaman Bapak Kuwu Diding. Pasalnya di wilayah ini juga kondisi kontur tanahnya sudah rata dengan tanah disekitar pemukiman penduduk. Lihat juga video liputannya beberapa waktu lalu pada saat kebanjiran kali cimanuk di Kongsi Jaya ini.

Sahabatku yang baik hatinya, semoga saja pihak-pihak yang sudah memperbaiki kondisi tanggul kali cimanuk ini bisa dengan segera menyelesaikan perbaikan di beberapa titik yang longsor disepanjang aliran sungai cimanuk khususnya di kabupaten Indramayu. Jangan sampai sudah kejadian longsor dan jebol, baru kemudian diperbaiki. Seperti kata orang bijak, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Terimakasih sahabat pengunjung blog guntursapta.blogspot.com sudah mengunjungi dan membaca liputan saya alakadarnya ini. Kalau ada yang mau berpendapat mengenai proses perbaikan tanggul kali cimanuk ini silahkan berkomentar pada kolom yang sudah disediakan dibawah ini.

Terimakasih dan Salam Wirausaha Mandiri dari Komunitas Blogger X Cimanuk Indramayu
HALAMAN SELANJUTNYA:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel